Berulangnya Masalah Server yang Melumpuhkan WhatsApp

Maria Yuniar Ardhiati
4 Mei 2017, 15:51
android
Katadata

Aplikasi layanan pesan populer milik Facebook Inc., WhatsApp, sempat “padam” selama beberapa jam, Rabu (3/5) malam. Masalah ini menimpa pelanggannya di berbagai belahan dunia. Namun, perusahaan teknologi tersebut akhirnya bisa memperbaiki gangguan itu.

“Kami telah memperbaikinya dan kami meminta maaf atas ketidaknyamanan para pengguna,” ujar manajemen WhatsApp melalui surat elektroniknya seperti dilansir Reuters, Rabu (3/5). Namun, hingga saat ini, masih belum ada penjelasan resmi mengenai penyebab "kelumpuhan" sesaat layanan tersebut.

Laman The Independent menyebut layanan Whatsapp diduga mengalami permasalahan pada server. Hal serupa pernah terjadi pada Februari 2014. Ketika itu, para pengguna tidak bisa mengakses WhatsApp selama 210 menit. (Baca: Bagi Data dengan Facebook, WhatsApp Diperingatkan Otoritas Eropa)

“Maaf, kami mengalami gangguan server. Perbaikan dilakukan secepatnya,” tulis WhatsApp melalui akun Twitter-nya, @wa_status pada 24 Februari 2014.

Seperti dilansir TechCrunch pada 22 Februari 2014, akuisisi yang dilakukan Facebook terhadap WhatsApp telah memicu peningkatan penggunaan layanan pesan ini secara masif. Akibatnya, server tidak kuat menampung dan mengalami kelebihan beban.

Halaman:
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...