Kementerian PUPR Sukses Ubah Sampah Plastik Jadi Aspal

Safrezi Fitra
31 Juli 2017, 11:18
Aspal Sampah Plastik
Kementerian PUPR
Uji coba pemanfaatan limbah plastik sebagai aspal

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengembangkan pemanfaatan limbah plastik sebagai campuran aspal jalan. Hal ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan sampah selama ini.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan pihaknya telah melakukan penelitian mengenai hal ini sejak lama. Pada akhir pekan lalu telah dilaksanakan uji coba berhasil menggelar aspal plastik sepanjang 700 meter di Universitas Udayana, Bali.

"Setiap 1 kilometer jalan dengan lebar 7 meter, membutuhkan campuran limbah plastik sebanyak 2,5 hingga 5 ton. Jadi bisa dibayangkan apabila hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan di Indonesia yang memiliki jalan ribuan kilometer," kata Danis dalam keterangannya, Senin (31/7).

Menurutnya jumlah sampah plastik di Indonesia pada 2019 diperkirakan mencapai 9,52  juta ton atau 14 persen dari total sampah yang ada. Dengan estimasi plastik yang digunakan 2,5-5 ton per kilometer (km) jalan, maka limbah plastik yang ada dapat menyumbang kebutuhan jalan sepanjang 1,9 juta km, tapi kata Danis, hanya 190.000 km.

(Baca: Bulan Depan, Pemerintah Mulai Campur Plastik dan Aspal jalan di Bekasi)

 Selain itu, aspal yang dihasilkan juga lebih lengket jika dibandingkan dengan aspal yang tidak menggunakan plastik sebagai campuran. Danis mengatakan stabilitas aspal plastik lebih tinggi hingga 40 persen, ini menjadikan kinerja jalan lebih baik lagi.

Setelah berhasil diujicoba di Universitas Udayana, selanjutnya pemanfaatan limbah plastik untuk aspal juga akan dilaksanakan pada jalan nasional di Jakarta, Bekasi dan Surabaya pada pertengahan Agustus 2017. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI (DKI Jakarta dan Jabar) dan BBPJN VII (Jawa Timur) saat ini tengah melakukan persiapan agar program ini dapat segera dimulai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...