Pupuk Indonesia Energi Akuisisi 51% Anak Usaha Rekind

Anggita Rezki Amelia
18 Agustus 2017, 14:53
Pupuk Indonesia
Arief Kamaludin (Katadata)

PT Pupuk Indonesia Energi (PI-Energi) berencana mengakuisisi 51% saham anak usaha PT Rekayasa Industri (Rekind), PT Rekind Daya Mamuju (RDM). Ini untuk memperluas bisnis perusahaan di sektor energi, terutama pembangkit listrik.

Proses akuisisi itu ditandai dengan proses penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara PI-Energi dan Rekind. “Pupuk Indonesia Energi ditugaskan mengambil semua bisnis yang terkait energi listrik. Untuk itu, RDM kami ambil," kata Direktur Utama Pupuk Indonesia Energi, Tentaminarto Tri Februartono usai penandatanganan MoU di Jakarta, Jumat (18/8).

(Baca: Pupuk Indonesia Negosiasikan Harga Gas Blok Kasuri)

Meski demikian, Tenta belum bisa merinci nilai dari hasil akuisisi tersebut, sebab proses valuasi masih berlangsung. Kedua belah pihak akan menunjuk valuator independen untuk menentukan berapa nilai akuisisi. Harapannya awal tahun depan proses akuisisi secara resmi bisa dilakukan. 

RDM merupakan perusahaan yang membangun, memiliki dan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batu bara dengan kapasitas 2x25 MegaWatt (MW) di Kabupaten Mamuju,Provinsi Sulawesi Barat. Nilainya Rp 1 triliun.

PLTU batubara tersebut merupakan bagian dari proyek 35 ribu MW yang dicanangkan pemerintah. Proses konstruksi pembangkit tersebut kini sudah mencapai 97% dan akan mulai beroperasi pertama pada akhir September mendatang.

Adapun pembangkit tersebut akan beroperasi penuh pada November. Nantinya listrik dari pembangkit tersebut 50% akan dijual kepada PLN, sisanya akan dimanfaatkan untuk kebutuhan industri di grup Pupuk Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...