Lewat Google Station, Google Beri Akses Internet Gratis di Jawa-Bali

Dimas Jarot Bayu
24 Agustus 2017, 17:34
Google digital
Arief Kamaludin|KATADATA

Raksasa teknologi Google Inc meluncurkan produk terbarunya, Google Station, mempermudah masyarakat Indonesia mendapatkan akses internet dengan cepat secara gratis.

Google Station merupakan produk yang diluncurkan Google bermitra dengan FiberStar dan CBN untuk memberikan hotspot Wi-Fi. Google Station akan dipasang di ratusan lokasi di Jawa dan Bali dalam setahun mendatang.

Advertisement

Vice President Google's Next Billion Users (NBU) Caesar Sengputa mengatakan, peluncuran Google Station di Indonesia bertujuan membantu masyarakat mengakses internet dengan lebih mudah dan cepat.

(Baca: Aturan Main untuk Raksasa Digital Global)

Dia bercerita, Google Station sebelumnya diluncurkan pertama kali di India. Ketika itu, Google memasang produknya di 200 stasiun kereta api. Ketika itu, akses internet di India sangat sulit.

"Awalnya akses internet di India sering mati sama seperti di indonesia. Dengan ini ditaruh di 200 train station, 15 ribu orang mengenal internet," kata Caesar di Jakarta, Kamis (24/8).

Menurut Caesar, Google ingin mengulang kesuksesan produknya tersebut di Indonesia. Pasalnya, Google mengetahui jika banyak masyarakat Indonesia yang begitu tertarik dengan internet.

"Karena kami tahu orang Indonesia sangat tertarik dengan potensi internet, baik itu UKM, pengembang, pembuat konten, semuanya. Kita harap dengan Google Station hal itu semua bisa terjadi," kata Caesar.

(Baca: Laba Induk Usaha Google Tergerus Denda Antimonopoli Uni Eropa)

Caesar menuturkan, Google Station nantinya akan dimonetisasi oleh Google melalui pemasangan iklan. Pendapatan lewat iklan akana digunakan untuk ekspansi ke wilayah lainnya di Indonesia.

Halaman:
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement