Keluarkan Investasi Besar, Bank Berlomba Buat Layanan Digital

Martha Ruth Thertina
24 Agustus 2017, 18:14
Bank digital
Arief Kamaludin|KATADATA

Bank terbesar asal Singapura, DBS Bank bakal berinvestasi sebesar S$ 20 juta atau sekitar Rp 196 miliar untuk meningkatkan kemampuan 10 ribu pegawainya di Singapura dalam bidang perbankan digital dan teknologi baru. Langkah tersebut diambil setelah bank meluncurkan bank digital: Digibank di India dan Indonesia.

“Langkah tersebut untuk mendukung visi otoritas moneter Singapura untuk menciptakan Smart Financial Centre dimana teknologi digunakan secara luas di industri finansial,” demikian pernyataan DBS, seperti dikutip Straitstimes  awal pekan ini. 

Rencananya, dana tersebut bakal digunakan untuk mengembangkan program belajar secara online yang bisa diakses pegawai selama 24 jam dalam sehari, pendampingan serta pendanaan untuk pengembangan prototipe teknologi, beasiswa, hingga ruang belajar yang inovatif di kantor.  

Tren layanan perbankan digital memang kian berkembang. Di Indonesia, sejumlah bank tercatat sudah mulai mengembangkan teknologi bank digital. Selain DBS dengan aplikasi Digibank-nya, ada juga Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) dengan aplikasi Jenius.

Hanya dengan mengunduh aplikasi Digibank dan Jenius di ponsel pintar (smartphone), masyarakat bisa membuat rekening bank tanpa harus mendatangi kantor cabang bank. Masyarakat yang sudah menjadi nasabah bisa menikmati berbagai layanan lainnya.

Digibank misalnya, menawarkan transfer dana hingga ratusan juta tanpa biaya administrasi, deposito online, pengaturan anggaran, pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, hingga asisten virtual 24 jam dalam sehari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...