DBS Luncurkan Digibank di Indonesia, Targetkan 3,5 Juta Nasabah

Martha Ruth Thertina
29 Agustus 2017, 21:34
DBS bank
Katadata | Arief Kamaludin

Bank asal Singapura DBS meluncurkan bank berbasis mobile "Digibank" di Indonesia. Peluncuran tersebut menyusul kesuksesan Digibank di India. DBS percaya diri Digibank bisa menggaet 3,5 juta nasabah di Tanah Air dalam kurun waktu lima tahun.

Presiden Direktur Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna mengatakan dalam beberapa tahun terakhir, pengguna internet dan ponsel pintar atau smartphone bertumbuh pesat di Indonesia. Nasabah pun semakin menginginkan transaksi perbankan yang sederhana, cepat dan praktis, kapan saja dan dari mana saja. Keinginan inilah yang dijawab DBS melalui Digibank.

“Kami melihat the next disruption poin (pembawa perubahan berikutnya) itu di banking smartphone . Kalau kami bisa bikin banking di smartphone, saya rasa itu bisa menjadi disruption poin,” ucap paulus dalam Konferensi Pers peluncuran Digibank di Museum Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (29/8). (Baca juga: Keluarkan Investasi Besar, Bank Berlomba Buat Layanan Digital)

Head of Digital Banking DBS Indonesia, Leonardo Koesmanto menjelaskan, Digibank bukanlah produk mobile banking ataupun internet banking melainkan bank. “Kami membuat bank inside smartphone (di dalam ponsel pintar),” kata dia. Dengan begitu, nasabah bisa mendapatkan berbagai layanan tanpa harus datang ke kantor cabang bank.

Layanan yang dimaksud dari mulai membuka rekening dengan memanfaatkan verifikasi melalui teknologi biometrik, transfer dana hingga Rp 500 juta per hari, hingga penempatan dana di produk deposito. Digibank juga memiliki layanan asisten virtual berteknologi artificial intelligence yang siap membantu menjawab pertanyaan nasabah layaknya petugas bank. Selain itu, ada juga fitur perencanaan dan pengawasan finansial.

Lantaran Digibank berbentuk virtual, struktur biaya menjadi jauh lebih efisien dibanding perbankan dengan cabang fisik. Alhasil, nasabah bisa menikmati transaksi murah bahkan gratis dan bunga simpanan yang lebih tinggi. “Dengan saving (penghematan) tersebut kami bisa memberikan benefit  (keuntungan) untuk nasabah,” ujarnya. Sayangnya, Leonardo enggan menyebut besaran investasi yang dikeluarkan DBS untuk Digibank.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...