Perbankan dan Asuransi Adaptasi Perilaku Millenial di Era Digital

Michael Reily
29 Agustus 2017, 19:49
Bank digital
Arief Kamaludin|KATADATA

Pelaku perbankan dan asuransi mengubah strategi bisnis digital karena pergerakan teknologi yang melaju cepat. Kampanye digital dilakukan dengan cara memperhatikan data dan karakteristik pengguna internet.

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, pada 2016, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 132,7 juta pengguna. Dibandingkan 2014, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 yang sebesar 88,1 juta orang, maka terjadi kenaikkan sebesar 44,6 juta pengguna.

Peningkatan pengguna digital memicu Bank BCA meluncurkan Digital Command Center. Head of Digital Marketing BCA Duardi Prihandiko mengatakan, tim digital ini bukan hanya mengontrol aktivitas di media digital, tapi juga mengukur dampaknya.

"Fokusnya adalah mengukur aktivitas pemasaran sebagai alat pertimbangan performa kami," ujar Duardi saat diskusi digital marketing di Jakarta, Selasa (29/8).

(Baca juga:  Survei HSBC: Generasi Millenial Ingin Pensiun Di Usia Lebih Muda)

Dia memberi contoh, kampanye digital yang dilakukan bakal diukur oleh tim Digital Command Center sehingga tim pemasaran bisa melihat dampaknya secara langsung. Pada iklan pembelian properti, calon pembeli pasti mempunyai waktu untuk berpikir sehingga angka peningkatan tercatat setelah satu atau dua pekan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...