Indonesia Ingin Jadi Tujuan Investasi, Bukan Hanya Pasar Bagi ASEAN

Pingit Aria
8 September 2017, 18:10
logo asean
Katadata

Indonesia berkomitmen mendukung target ASEAN dalam menggandakan perdagangan intra-ASEAN pada tahun 2025. Hal ini ditegaskan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) ke-49 di Kota Pasay, Filipina.

Enggar mengakui bahwa target tersebut cukup ambisius. “Namun, target itu bisa dicapai jika negara-negara ASEAN solid dan melaksanakan komitmen Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2025,” kata Enggar melalui keterangan resminya, Jumat (8/9).

Target peningkatan perdagangan ASEAN ini, lanjut Mendag, jangan hanya menjadikan Indonesia sebagai pasar dari produk-produk luar. “Indonesia harus bisa menjadi tujuan investasi utama, bukan hanya sebagai pasar dari produk-produk luar,” katanya.

(Baca juga:  Jokowi Tawarkan Pengembangan Ekonomi Digital di Batam Kepada Singapura)

Pada 2016, pertumbuhan ekonomi regional ASEAN sebesar 4,8% dengan produk domestik bruto (PDB) sebesar US$ 2,55 triliun menjadikan ASEAN sebagai ekonomi terbesar ke-6 di dunia dan terbesar ke-3 di Asia.

Sedangkan total perdagangan ASEAN pada periode 2016-2017 tumbuh sebesar US% 622 miliar meskipun pertumbuhan perdagangan global belum pulih. Total perdagangan ASEAN pada 2016 mencapai US$ 2,22 triliun dimana sebesar 23,1% adalah perdagangan intra-ASEAN.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...