Gandeng Uber, BPJS Ketenagakerjaan Sasar Pekerja Informal

Michael Reily
18 Oktober 2017, 16:21
Pekerja
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Pekerja membersihkan kaca gedung perkantoran di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bekerja sama dengan perusahaan transportasi berbasis digital Uber untuk menggaet lebih banyak pekerja dari sektor informal. Selama ini BPJS kesulitan mempertahankan anggota dari pekerja sektor informal karena pembayaran iuran yang tidak teratur.

"Jumlah peserta informal yang keluar masuk sangat banyak banyak karena tidak ada ikatan dalam pembayaran. Jika pembayaran tidak dilakukan selama tiga bulan, kepesertaan akan hangus," ujar Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan Ilyas Lubis kepada wartawan di Jakarta, Rabu (18/10).

Ilyas berharap kerja sama membuat mitra pengemudi yang terdaftar dalam Uber menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan. Dia berharap manajemen Uber membuatkan akun perbankan untuk setiap mitra pengemudi sehingga pembayaran iuran lebih teratur.

Saat ini hampir 100 ribu mitra pengemudi yang terdaftar dalam Uber. "Sehingga pembayaran bisa berkelanjutan dan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan bisa sangat pasti," kata Ilyas. 

Ilyas mengatakan, para pekerja sektor informal berhak mendapatkan dua program, yaitu Jaminan Keselamatan Kerja dan Kematian sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015. Tetapi, Ilyas menyebutkan baru 1,1 juta pekerja informal yang aktif membayar jaminan sosial. Untuk pekerja formal, jumlahnya sudah mencapai sekitar 24 juta orang.

BPJS Ketenagakerjaan menargetkan ada 86 juta pekerja yang bisa dijangkau dengan pembagian 44 juta pekerja informal dan 42 juta pekerja sektor formal. Sehingga capaian pekerja sektor informal yang mendaftar program Jaminan Sosial baru mencapai sekitar 3%.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...