KAI Siapkan 20 Kereta Tambahan pada Liburan Natal dan Tahun Baru

Penulis: Miftah Ardhian

Editor: Pingit Aria

6/11/2017, 18.50 WIB

Selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru ini, KAI menyediakan 227.078 seat per hari.

pemesanan tiket kereta api
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Sejumlah calon penumpang mengantre pembelian tiket kereta api di Stastiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (17/3). PT Kereta Api Indonesia (KAI) melayani pembelian tiket angkutan lebaran 2017 untuk H-10 hingga H+10 lebaran mulai 17 maret - 7 April 2017.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menambah 20 rangkaian kereta untuk menyambut hari libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Masa angkutan Natal dan Tahun Baru ditetapkan selama 17 hari mulai 22 Desember 2017 - 7 Januari 2018.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menuturkan, tahun ini KAI menyiapkan 335 perjalanan kereta reguler dan 40 perjalanan kereta tambahan. Dengan demikian, total jumlah kereta yang siap melayani masyarakat pada masa liburan akhir tahun kali ini adalah 375 perjalanan.

Jumlah ini meningkat 5% dibanding masa angkutan Natal dan Tahun Baru tahun lalu, yakni 356 perjalanan kereta. "Jumlah penumpang diperkirakan meningkat dari 3,6 juta menjadi 3,8 juta penumpang," ujar Edi saat konferensi pers, di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (6/11).

(Baca juga:  Tiket.com Targetkan Pertumbuhan Transaksi 100% Tahun Depan)

Secara rinci, Edi menjelaskan, selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru ini, KAI menyediakan 227.078 seat per hari. Dengan demikian, total ada 3.860.326 seat selama 17 hari masa angkutan Natal dan Tahun Baru untuk kereta reguler, tambahan, dan kereta lokal.

Hingga 5 November 2017 jumlah tiket kereta jarak jauh dan menengah telah terjual sebanyak 415.749. Edi mengatakan, masyarakat diimbau untuk memesan jauh-jauh hari untuk mengantisipasi habisnya tiket menjelang masa libur akhir tahun tersebut.

Sementara itu, bagi para pengguna aplikasi KAI Access dan melakukan pembelian tiket KA dari aplikasi ini, mulai 2 Oktober 2017, fasilitas check in secara online bisa dilakukan langsung dari aplikasinya. Setelah melakukan check in melalui aplikasi, pengguna jasa kereta akan mendapatkan e-boarding pass.

“Masyarakat yang telah mendapatkan e-boarding pass tidak perlu lagi melakukan check in dan cetak boarding pass di mesin Check In Counter (CIC) di stasiun,” kata Edi.

Adapun, daftar tambahan kereta meliputi:

  1. Argo Lawu Fakultatif, Gambir-Solo Balapan Pulang Pergi (PP)
  2. Argo Dwipangga Fakultatif Gambir-Solo Balapan PP
  3. Taksaka Pagi Tambahan Gambir-Yogyakarta PP
  4. Taksaka Malam Tambahan Gambir-Yogyakarta PP
  5. Argo Muria Tambahn Gambir-Semarang Tawang PP
  6. Argo Sindoro Tambahan Gambir-Semarang Tawang PP
  7. Gajayana Tambahan Gambir-Malang PP
  8. Sembrani Tambahan Gambir-Surabaya Pasarturi PP
  9. Purwojaya Tambahan Gambir-Cilacap PP
  10. Lodaya Tambahan Bandung-Solo Balapan PP
  11. Sancaka Tambahan Yogyakarta-Surabaya Gubeng PP
  12. Cirebon Ekspres Fakultatif Gambir-Cirebon PP
  13. Argo Jati Tambahan Gambir-Cirebon PP
  14. Argo Jati Fakultatif Gambir-Cirebon PP
  15. Senja / Fajar Utama Pasar Senen-Cirebon PP
  16. Kutojaya Utara Tambahan Pasar Senen-Kutoarjo PP
  17. Kertajaya Tambahan Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi PP
  18. Brantas Tambahan Pasar Senen-Blitar PP
  19. Pasundan Tambahan Kiara Condong-Surabaya Gubeng PP
  20. Matarmaja Tambahan Pasar Senen-Malang PP.

Reporter: Miftah Ardhian

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan