Antisipasi Tamu Pernikahan Anak Jokowi, Bandara di Solo Buka 24 Jam

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Safrezi Fitra

7/11/2017, 16.53 WIB

“Untuk mendukung sukses dan lancarnya acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo di Solo di mana ribuan tamu undangan akan datang," kata Israwadi

Bandara pesawat
Arief Kamaludin (Katadata)

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Angkasa Pura I (Persero) akan menyiapkan pelayanan tambahan guna mengantisipasi bertambahnya penerbangan ke Adi Soemarmo, Boyolali. Hal ini lantaran banyaknya tamu yang akan datang ke acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Kahiyang Ayu .yang resepsinya akan dilaksanakan pada Rabu 8 November 2017 di Gedung Graha Saba Buana Solo.

Pelayanan tambahan yang dimaksud adalah memperpanjang jam operasi Bandara Adi Soemarmo menjadi 24 jam, selama dua hari pada Selasa (7/11) dan Rabu (8/11). Selain itu pengerjaan proyek untuk mempercantik terminal bandara ini akan dihentikan sementara pada hari Rabu. 

“Untuk mendukung sukses dan lancarnya acara pernikahan putri Presiden Joko Widodo di Solo di mana ribuan tamu undangan akan datang melewati bandara-bandara kami," ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi dalam keterangannya, Selasa (7/11).

Selain itu Israwadi menjelaskan tamu undangan dapat menikmati ruang tunggu Concordia Executive. Lounge tersebut memiliki beberapa fasilitas seperti akses ke parkir pesawat, reflexology, buffet makanan, wifi, fasilitas ruang rapat, hingga musholla. Ruang tunggu ini juga bisa menyediakan 200 tempat duduk.

Angkasa Pura I cabang Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta telah menyiapkan skema pengaturan parkir pesawat chartered dan tambahan yang membawa tamu undangan Presiden Joko Widodo. Ada 21 apron parking stand (tempat parkir pesawat) yang bisa digunakan dalam waktu bersamaan.

Konfigurasinya terdiri dari 1 parking stand untuk pesawat berbadan lebar (wide body,) 3 slot untuk pesawat sedang (narrow body), 9 slot untuk pesawat dengan rentang sayap kurang dari 20 meter, serta 8 slot parkir pesawat berentang sayap kurang dari 30 meter.

" Kalau ada permintaan tambahan slot, maka parkir pesawat dapat dialihkan ke Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta," kata Israwadi. 

Parkir pesawat di Bandara Adi Sutjipto akan dialokasikan total 10 parking stand. Rinciannya, 4 parking stand di apron militer dan 6 parking stand di penerbangan sipil untuk pesawat dengan panjang sayap kurang dari 20 meter. Untuk sementara, baru terdapat 1 penerbangan tidak berjadwal di Bandara Adi Sutjipto.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I (Persero) Wendo Asrul Rose mengaku telah berkoordinasi dengan seluruh pihak untuk memastikan keamanan serta kenyamanan operasional bandara Adi Soemarmo untuk digunakan oleh para tamu undangan Jokowi. "Ini agar semua dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan