Perundingan Dagang dengan Australia, Chile dan Eropa Dikebut Bulan Ini

Michael Reily
8 November 2017, 07:23
Jokowi - Turnbull
setkab.go.id
Presiden Jokowi dan PM Turnbull mengadakan konferensi pers bersama di Sydney, Australia, Minggu (26/2)

Pemerintah tengah berupaya menyelesaikan tiga perundingan dagang Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) pada bulan ini. Ketiga perundingan CEPA bakal dilakukan dengan Australia, Chile, dan Eropa.

Perundingan Indonesia-Australia CEPA akan mencapai putaran ke-10 yang ditargetkan menjadi perundingan final pada 13-17 November 2017 di Jakarta. Februari lalu, kedua kepala negara menargetkan perundingan selesai pada tahun ini.

"Pada putaran ke-10, kedua negara diharapkan dapat menyelesaikan isu utama khususnya terkait akses pasar di bidang perdagangan barang, perdagangan jasa, dan investasi," kata Ketua Tim Perundingan IA-CEPA Deddy Saleh dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu (8/11).

Isu lain yang juga harus diselesaikan adalah keterangan asal barang, prosedur kepabeanan, perdagangan elektronik, telekomunikasi, perpindahan orang perseorangan, persaingan usaha, kerja sama ekonomi, serta masalah hukum dan kelembagaan.

(Baca juga: Musim Liburan Usai, Kunjungan Turis Asing September 2017 Menurun)

Total perdagangan bilateral Indonesia dan Australia tahun lalu mencapai US$ 8,5 miliar dengan ekspor sebesar US$ 3,2 miliar dan impor mencapai US$ 5,3 miliar. Alhasil, Indonesia mengalami defisit perdagangan sebesar US$ 2,1 miliar.

Untuk Indonesia-Chile CEPA, putaran ke-6 akan berlangsung pada 6-10 November 2017. Kedua pihak sepakat memulai secara bertahap perjanjian barang terlebih dahulu lalu perjanjian investasi, jasa, dan yang lainnya sesuai perkembangan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...