Angkasa Pura II Gandeng TCash dan GoPay untuk Smart Airport

Michael Reily
8 November 2017, 14:08
Terminal 3 Soetta
Arief Kamaludin|Katadata
Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta.

PT Angkasa Pura II (Persero) menggandeng Telkomsel (TCash) dan GoPay untuk menerapkan sistem pembayaran elektronik layanan nontunai. Layanan transaksi nontunai akan melibatkan 800 tenant yang berada di bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta Barat.

Layanan transaksi nontunai ini bagian dari konsep Smart Airport yang dikembangkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan bandara lain yang dikelolanya. Penerapan teknologi digital diperkirakan dapat menambah arus pendapatan baru.

Advertisement

“Digitalisasi yang memang baru tumbuh kami targetkan pendapatan dapat mencapai Rp 35 miliar pada 2018, namun akan memiliki prospek sangat baik ke depannya dalam mendukung pendapatan perusahaan,” kata Direktur Utama AP II (Persero) Muhammad Awaluddin dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu (8/11).

(Baca: Skytrain Bandara Soekarno Hatta Resmi Beroperasi)

Konsep Smart Airport juga ditingkatkan dengan layanan electronic boarding pass bagi maskapai-maskapai yang beroperasi di bandara AP II. Secara perdana akan dilaksanakan oleh Garuda Indonesia, nantinya pemilik tiket Garuda bisa mendapatkan e-boarding pass di smartphone melalui aplikasi Indonesia Airports yang dikelola oleh AP II.

Awaluddin yakin bisnis digital akan berkembang pesat setelah melakukan berbagai pertimbangan dari berbagai sisi, yaitu pertumbuhan pasar, kemampuan perusahaan, serta keunggulan industri. “Kami melakukan analisis, AP II memiliki peluang besar untuk meraih pendapatan dari bisnis baru yaitu Airport e-payment, Airport Big Data, dan Airport e-commerce,” jelasnya.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi proyek percobaan karena infrastruktur yang sudah mendukung dan juga sebagai bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia.  (Baca: Tiga Bulan Lagi Go-Pay Jadi Alat Pembayaran E-commerce di Luar Gojek)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement