Bank of Tokyo dikabarkan berencana membeli sekitar 40% saham Bank Danamon. Nilai transaksi diperkirakan mencapai Rp 23 triliun.
Bank Danamon
Katadata

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. membenarkan, pemegang saham pengendalinya yaitu Asia Financial (Indonesia) Pte Ltd atau AFI, telah menerima pernyataan minat akuisisi dari Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (BTMU). Namun, Danamon memastikan belum terjadi kesepakatan antara kedua pihak.

“AFI telah menerima expression of interest sehubungan dengan saham milik mereka dalam perseroan. Kami mengerti bahwa ketertarikan tersebut masih bergantung pada hasil negosiasi lebih lanjut dan belum tentu menghasilkan perjanjian yang mengikat sehingga transaksi belum tentu terlaksana,” kata Sekretaris Perusahaan Bank Danamon Rita Mirasari dalam surat resmi kepada Bursa Efek Indonesia, Kamis (9/11).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Sebelumnya muncul informasi bahwa BTMU berencana membeli sekitar 40% saham Bank Danamon. Langkah tersebut sebagai bagian dari perluasan bisnis perusahaan di Asia Tenggara. Nilai transaksi disebut-sebut berkisar US$ 1,76 miliar atau setara Rp 23,7 triliun (dengan kurs saat ini). (Baca juga: Dikabarkan Diakuisisi Bank Jepang, Saham Danamon Melonjak 18%)

Nikkei memberitakan, induk usaha BTMU, Mitsubishi UFJ Financial Group memutuskan untuk memulai negosiasi dengan Danamaon dan Temasek Holding yang merupakan induk usaha AFI. Proses akuisisi diharapkan bisa berlangsung paling cepat pertengahan 2018. 

Setelah informasi tersebut beredar, harga saham Danamon di BEI melambung tinggi. Pada Kamis (9/11), harga saham ditutup Rp 5.725 per lembar saham atau naik 18,04% dibandingkan perdagangan sehari sebelumnya.

Pada Jumat (10/11) ini, harga saham Danamon dibuka di level 5.750 atau kembali naik 0,43%. Namun, harga saham mengalami fluktuasi yang cukup tinggi. Pada pukul 09.34, harga saham berada di level 5.450 atau turun 4,8%.

Artikel Terkait
"Jangan sampai datang (ke Indonesia) hanya untuk memberikan kredit ke (perusahaan) Jepang saja," kata Kepala Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana
Bank Danamon menyatakan, pemegang saham pengendalinya yaitu Asia Financial (Indonesia) Pte Ltd atau AFI telah menerima pernyataan minat akuisisi.
Laju saham Bank Danamon ke depan, diperkirakan tidak akan melonjak signifikan karena aksi korporasi tersebut masih dalam tahap negosiasi.