SKK Migas Pacu Tiga Blok Kejar Target Produksi Tahun Ini

Penulis: Anggita Rezki Amelia

Editor: Arnold Sirait

17/11/2017, 18.16 WIB

Blok Cepu dan Muara Bakau berhasil melampaui target. Sedangkan Rokan masih di bawah target.

Rig Migas Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi
Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) berupaya memacu kinerja tiga blok migas untuk mengejar target produksi. Tiga blok migas tersebut yakni Rokan di Riau, Cepu di Jawa Timur dan Muara Bakau di Kalimantan Timur.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan kinerja Blok Cepu saat ini mengalami peningkatan. Sejak awal tahun hingga 15 November 2017 lalu, produksi blok tersebut, mencapai sekitar 208 ribu barel per hari (bph). Angka ini lebih tinggi dari target rencana kerja dan anggaran tahun ini sekitar 200,1 ribu boh.

Salah satu penyebab meningkatnya produksi di Blok Cepu adalah kinerja sumur dan fasilitas produksi yang bagus. Bahkan awal November lalu, blok ini berhasil menyentuh rekor produksi tertinggi sejak mulai berproduksi akhir Desember 2015 lalu, yakni 208,8 ribu bph.

Tidak hanya Cepu, kinerja Blok Muara Bakau juga menunjukkan adanya peningkatan. Secara rata-rata sejak 1 Juni 2017 hingga 15 November 2017, produksi gas sudah mencapai 459 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Namun, secara harian, produksi di blok tersebut lebih tinggi lagi menyentuh 600 MMSCFD.

Berbeda dengan kedua blok tersebut, untuk Rokan produksinya masih di bawah target. Blok yang dikelola Chevron Indonesia ini sejak awal tahun hingga 15 November 2015 baru mencapai 215 ribu bph. Padahal target rencana kerja dan anggaran yang sudah direvisi tahun ini dipatok 223 ribu bph.

Capaian itu juga turun dari realisasi Semester I tahun 2017. Selama enam bulan sejak Januari 2017, produksi Blok Rokan bisa mencapai 226,5 ribu barel per hari.

Menurut Wisnu, penyebab penurunan produksi Blok Rokan karena ada kendala operasional. "Sedang turun karena kendala operasi di fasilitas produksi, tapi sudah di-handle," kata dia kepada Katadata, Jumat (17/11).

(Baca: Chevron Dapat Perpanjang Kontrak Blok Rokan Asal Pakai Gross Split)

Adapun target produksi minyak secara nasional tahun ini adalah 808,4 ribu bph. Sedangkan gas bumi 7.859 MMSCFD. 

 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan