Pengusaha Siap Bantu Pemerintah Raih Target 20 Juta Turis di 2019

Michael Reily
24 November 2017, 12:09
Edsus Pariwisata_Danau Toba
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Kawasan hunian untuk wisatawan yang berada di tepi Danau Toba, Pulau Samosir, Sumatera Utara, Selasa (4/4).

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani menyatakan akan bekerja sama dengan pemerintah untuk meningkatkan sektor pariwisata nasional. Pemerintah menargetkan pencapaian 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019.

Program Visit Indonesia bakal didorong dengan peningkatan tiga aspek, yaitu akses infrastruktur, atraksi untuk wisatawan, dan keramahtamahan masyarakat. "Indonesia punya destinasi yang banyak karena wilayahnya yang luas," kata Hariyadi saat diskusi acara Hotelweek di Jakarta, Kamis (23/11).

Advertisement

Menurutnya, program Visit Indonesia harus dieksekusi dengan tepat oleh semua pihak. Oleh karena itu, dia mengajak semua sektor untuk bekerja sama, dari pariwisata hingga transportasi untuk menarik wisatawan.

(Baca juga: Masyarakat Suka Pesiar, Jokowi Percepat Pengembangan 10 ‘Bali baru’)

Hariyadi mengungkapkan kolaborasi semua lini adalah langkah yang tepat. Contohnya adalah bekerja sama dengan promotor konser tahunan Java Jazz yang memiliki jumlah kunjungan 100 ribu orang. Model bisnis profesional seharusnya digabung dengan pengembangan infrastruktur dan promosi yang tepat kepada komunitas digital.

Jika pengusaha hotel bisa meningkatkan layanan dengan maskapai penerbangan, agen travel digital, dan pemerintah. Dampak promosi yang dihasilkan bakal terekspos secara optimal. "Kolaborasi pemerintah dengan swasta bisa meningkatkan pengunjung Java Jazz menjadi 3 kali lipat," ujar Hariyadi.

Menurut catatan Hariyadi, kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 11,7 juta orang pada 2016. Prediksinya, jumlah pengunjung asing bisa mencapai 14 juta orang tahun ini. Namun, angka tersebut masih berada di bawah Thailand yang mencapai 30 juta orang dan Malaysia yang sekitar 26 juta orang.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement