BTN Dukung Segmentasi Bisnis Holding BUMN Perbankan

Miftah Ardhian
24 November 2017, 18:11
btn-bank-tabungan-negara-2.jpg

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyambut baik rencana adanya segmentasi bisnis pasca terbentuknya perusahaan induk (holding) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor jasa keuangan. Dengan begitu, BTN akan lebih berkonsentrasi menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengaku telah mengetahui rencana Kementerian BUMN untuk melakukan segmentasi bisnis bagi perbankan yang tergabung dalam holding jasa keuangan. Dirinya pun menyambut positif adanya inisiatif tersebut.

"Itu yang paling bagus karena kami (Bank BUMN) bisa fokus, sehingga bank juga bisa cepat melakukan ekspansi dan lebih sehat," ujar Maryono saat dihubungi Katadata, Jumat (24/11).

Maryono kembali menjelaskan, saat ini hampir 90 persen portofolio BTN di segmen perumahan. Oleh karenanya, dengan adanya holding dan segmentasi bisnis akan membuat BTN lebih fokus untuk menggarap dan mengalokasikan sumber dayanya pada segmen tersebut.

(Baca juga: Bank Mandiri, BRI, BNI Satukan Mesin EDC di Merchant Enam BUMN)

Dalam tiga tahun terakhir, kemampuan pendanaan Bank BTN untuk segmen perumahan sudah meningkat dua kali lipat. Tetapi, dirinya tidak memungkiri kebutuhan rumah masyarakat masih sangat besar. Oleh karenanya, dengan holding jasa keuangan ini, dirinya yakin kemampuan Bank BTN membiayai segmen perumahan dapat kembali ditingkatkan.

Sebelumnya, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo menargetkan pada triwulan I-2018, holding  jasa keuangan ini sudah terbentuk.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...