Erupsi Gunung Agung, Menpar Pesimistis Target Turis Asing Tercapai

Dimas Jarot Bayu
27 November 2017, 20:57
Erupsi Gunung Agung
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Petugas maskapai penerbangan memberi penjelasan kepada warga negara asing di Terminal Internasional Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Senin (27/11).

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan aktivitas vulkanik Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, berdampak kepada sektor pariwisata di Indonesia. Arief mengatakan target jumlah wisatawan mancanegara tahun ini sebanyak 15 juta orang, kemungkinan tak akan tercapai.

Arief memprediksi, kunjungan wisman hanya akan sebesar 95% dari target 15 juta hingga akhir 2017. Alasannya, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali tak akan mencapai target yakni 6 juta orang.

Advertisement

"Jumlah turis yang berkunjung ke Bali itu merupakan 40% dari total target tahun ini 15 juta," kata Arief di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (27/11).

(Baca: Dampak Erupsi Gunung Agung, Pembatalan Reservasi Hotel Capai 20-30%)

Arief memprediksi erupsi Gunung Agung akan menurunkan kunjungan ke Bali hingga 20 ribu orang. Jumlah penurunan turis akan bertambah apabila erupsi berlanjut hingga Desember 2017.

"Berpengaruh kalau kondisinya seperti sekarang. Desember itu peak season jadi kira-kira (berkurang) 125%. Kalau rata-rata 600 ribu, jumlah kunjungan saat peak season 750 ribu," kata Arief.

Hingga September 2017 jumlah kunjungan wisman di seluruh Indonesia mencapai 10,5 juta orang. Sisanya sebanyak 4,5 jutanya akan didorong melalui peak season.

Sementara itu Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menyatakan pembatalan reservasi hotel melonjak 20-30% akibat peningkatan erupsi Gunung Agung.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement