Indika Energy Tuntaskan Akuisisi 45% Saham Kideco

Arnold Sirait
8 Desember 2017, 18:59
Logo Indika Energy
Arief Kamaludin|Katadata
Logo Indika Energy di Jakarta, Jumat, (27/01).

PT Indika Energy Tbk kini resmi menjadi pemegang saham mayoritas PT Kideco Jaya Agung. Ini seiring dengan pembelian tambahan 45% saham Kideco dari Samtan Co., Ltd dan PT Muji Inti Utama (Muji) melalui anak perusahaan yang dimiliki penuh PT Indika Energy Tbk, yakni PT Indika Inti Corporindo.

Dengan pembelian itu, Indika Energy kini memiliki 91% saham Kideco. Sementara Samtan mempertahankan kepemilikan 9% saham di Kideco.

Direktur Utama dan CEO Grup Indika Energy Arsjad Rasjid mengatakan seluruh kondisi prasyarat yang ada di dalam Perjanjian Pembelian Saham sudah terpenuhi. Beberapa persyaratan itu  mulai dari persetujuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) atas perubahan kepemilikan saham dan persetujuan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berupa izin prinsip perubahan penanaman modal asing.  

“Kami sangat mengapresiasi dukungan Pemerintah melalui ESDM dan BKPM sehingga proses akuisisi ini dapat berjalan seperti yang diharapkan,” kata Ars berdasarkan keterangan resminya, Jumat (8/12).

Penutupan transaksi akuisisi ditandai dengan penandatanganan Akta Jual Beli oleh seluruh pemegang saham yang terlibat dalam transaksi jual-beli di hadapan notaris pada 6 Desember 2017. Sesuai Perjanjian Pembelian Saham, pembayaran sebesar total US$ 517,5 juta juga telah dilakukan dalam proses penutupan transaksi.

Seperti diketahui, akuisisi Kideco merupakan langkah penting bagi Indika Energy dan diharapkan dapat menciptakan nilai tambah yang signifikan bagi Grup Indika Energy. Apalagi, selama ini Kideco sudah menjadi kontributor terbesar atas kinerja Indika Energy. “Dengan masuknya Kideco sebagai anak perusahaan terkonsolidasi, kami akan berupaya lebih mengoptimalkan nilai strategis dan sinergi dalam Grup,” ujar Arsjad.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...