Pengusaha Hotel Indonesia Bikin Aplikasi Pesaing Airbnb

Pingit Aria
12 Desember 2017, 10:10
Hariyadi Sukamdani
Arief Kamaludin|KATADATA

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) baru saja meluncurkan aplikasi pemesanan kamar hotel bernama bookingina.com. Aplikasi ini dibuat untuk menghadapi persaingan bisnis online travel agent (OTA) yang sudah lebih dulu ada dan menjamur, termasuk Airbnb.

"Ini adalah strategi kami dalam menghadapi OTA yang ada," kata Ketua Umum PHRI, Hariyadi Sukamdani. Soft launching bookingina.com digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (11/12).

Hariyadi menyatakan, tarif komisi yang dibebankan oleh online travel agent kepada pemilik hotel yang mencapai 17% dinilai terlalu tinggi. Karena itu, PHRI akan mengenakan komisi yang lebih rendah bagi pemilik hotel melalui bookingina.com.

Menurutnya, pemberian komisi yang rendah akan dapat memberikan keunggulan komparatif berupa harga yang lebih terjangkau bagi konsumen. “Khusus untuk anggota PHRI, komisi yang dibebankan hanya 12%, sedangkan nonanggota minimal 15%,” kata Hariyadi.

(Baca juga: Omzet Airbnb di Indonesia Tembus Rp 1 Triliun, Pengusaha Hotel Gerah)

Pengembangan bookingina.com, kata Hariyadi, tidak terlepas dari tingginya penetrasi internet yang juga mempengaruhi cara wisatawan dalam merencanakan liburan mereka. Bahkan, dia mencatat hampir 99% pemesanan kamar hotel dilakukan secara online.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...