Selama 2017, Enam Proyek Strategis Nasional Rampung Dibangun

Ameidyo Daud Nasution
20 Desember 2017, 18:37
Infrastruktur Tol Salatiga
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Pembangunan tol Salatiga.

Pemerintah merampungkan 26 Proyek Strategis Nasional (PSN) hingga 19 Desember 2017. Sebagian besar yakni sebanyak 20 proyek telah diselesaikan di 2016. Selama 2017, hanya enam PSN yang rampung dikerjakan.

Enam proyek yang dikerjakan sepanjang tahun ini yakni jalan tol Akses Tanjung Priok, jalan tol Soreang - Pasirkoja, jalan tol Surabaya - Mojokerto, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau (Kalimantan Barat), PLBN Nanga Badau (Kalimantan Barat), serta PLBN Wini (Nusa Tenggara Timur). Total nilai enam proyek infrastruktur tersebut mencapai Rp 13,1 triliun.

Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo menyatakan sebagian proyek yang dikerjakan 2017 berupa kontruksi infrastruktur skala besar yang memakan waktu. Berbeda dengan tahun lalu dengan kondisi proyek telah berjalan beberapa tahun sebelumnya dan dipercepat.

"Jadi tidak bisa juga dibandingkan," kata Wahyu saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (20/12).  (Baca: Hingga November, Empat Proyek Infrastruktur Strategis Rampung)

Proyek Strategi Nasional terdiri dari 245 proyek dan tiga program. Saat ini 145 proyek serta satu program infrastruktur strategis telah masuk konstruksi, sembilan proyek masuk dalam transaksi, serta 86 proyek dan satu program yang masuk persiapan.

"Ada juga proyek yang selesai seperti beberapa ruas di tol Medan - Binjai. Tapi karena dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tentang PSN tol tersebut terdiri dari tiga ruas maka kami tidak masukkan," kata Wahyu.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...