Tahun Politik, Pengusaha Yakin Retail Tumbuh Hingga 12%

Michael Reily
3 Januari 2018, 17:26
Toko retail
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Ilustrasi gerai retail.

Setelah diwarnai penutupan beberapa gerai ternama seperti 7-Eleven, Matahari, Ramayana, Lotus, GAP, hingga Dabenhams pada 2017, pengusaha retail tampaknya lebih optimistis menghadapi tahun ini. Adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bakal dilakukan serentak di 171 kabupaten/kota dipercaya bakal mendongkrak daya beli masyarakat.

Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) optimistis pesta demokrasi yang diselenggarakan pada 2018 akan mendongkrak pertumbuhan retail antara 10-12%. “Ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang sekitar 7,5% sampai 8%, tapi kami masih hitung total pertumbuhan 2017,” ujar Ketua Umum Aprindo Roy Mandey kepada Katadata, Rabu (3/1).

Menurutnya, proses sosialisasi program kerja para calon kepala daerah disertai dengan penyediaan konsumsi masyarakat yang dibeli melalui retail. Terlebih, sistem kemitraan antara pengusaha retail dan warung tradisional sudah mulai berjalan.

Selain Pilkada, Roy menjelaskan perhatian pemerintah untuk mengalokasikan Dana Desa dan program dalam Dana Alokasi Khusus juga akan memacu konsumsi. Pasalnya, program pemerintah bakal meningkatkan produktivitas masyarakat yang berujung pada kenaikan pendapatan.

(Baca juga:  Retail Lain Berguguran, Transmart Buka 30 Gerai Baru Tahun Ini)

Ia juga berharap pemerintah menjaga nilai inflasi tetap rendah. Pasalnya, kenaikan harga untuk kebutuhan pangan dan energi bakal menahan tingkat konsumsi masyarakat.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...