2017, Angkasa Pura II Layani 70 Juta Penumpang di Jabodetabek

Safrezi Fitra
9 Januari 2018, 10:11
Terminal 3 Soetta
Arief Kamaludin|Katadata
Terminal 3 Ultimate menjadi terminal bandara termegah dan tercanggih di Indonesia, beroperasi pada 20 Juni 2016.

Sepanjang 2017, PT Angkasa Pura II (Persero) telah melayani 70 juta penumpang di dua bandara wilayah Jabodetabek. Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani 63 juta penumpang dan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma 7 juta penumpang.

Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan bahwa jumlah penumpang yang dilayani Bandara Soekarno-Hatta merupakan pencapaian yang luar biasa.  

Advertisement

“Kurang-lebih 50 juta penduduk Jabodetabek dapat kami layani,” kata Awaluddin dalam keterangan resmi Angkasa Pura, Selasa (9/1). Dari jumlah penumpang Bandara Soekarno Hatta, tercatat 14,72 juta penumpang terbang dengan rute internasional dan 48,29 juta penumpang rute domestik.

Awaluddin menambahkan pencapaian tersebut tidak terlepas dari kerja keras seluruh elemen di Angkasa Pura II untuk terus melakukan peningkatan pelayanan di bandara-bandara AP II. Menurutnya, Angkasa Pura II menempatkan pengguna jasa bandara pada posisi tertinggi untuk mendapatkan pelayanan terbaik. (Baca: Menhub Tegaskan Tak Ada Rencana Penjualan Bandara Soekarno Hatta)

“Hal ini mendorong kami untuk terus berinovasi serta meningkatkan fasilitas yang ada di bandara kami. Seperti adanya kereta layang di Bandara Soekarno-Hatta untuk melayani perpindahan penumpang antar-terminal,” ujarnya.

Angkasa Pura II mengklaim penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru yang berlangsung pada periode 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018 berjalan lancar. Tercatat jumlah penumpang di 13 bandara Angkasa Pura II meningkat 9 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Jumlahnya naik dari 6,7 juta penumpang menjadi 7,3 Juta penumpang. Sedangkan pergerakan pesawat pada 13 bandara tersebut juga mengalami peningkatan sebesar 8 persen, dari 47.700 pesawat menjadi 51.600 pesawat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement