BPH Migas Targetkan Groundbreaking Pipa Cirebon-Semarang Juli 2018

Anggita Rezki Amelia
9 Januari 2018, 20:32
Pipa Gas
Arief Kamaludin|KATADATA
ilustrasi.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menargetkan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek pipa transmisi Cirebon-Semarang bisa dimulai pertengahan tahun ini. Saat ini PT Rekayasa Industri (Rekind) selalu kontraktor proyek tersebut masih membahas hal teknis persiapan konstruksi proyek tersebut.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan Rekind akan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Barat dan Jawa Tengah, serta  anak usaha PT Pertamina (Persero), Pertagas Niaga untuk menjadi calon pembeli gas proyek anyar itu. "Mereka menjanjikan kepada BPH Migas dan dikunci dengan notulen, Juli 2018 mau groundbreaking," kata dia di Jakarta, Selasa (9/1).

Menurut Fanshurullah, proyek pipa ini sangat strategis mendukung perkembangan perekonomian di Jawa Barat dan  Jawa Tengah. Apalagi akan ada proyek pengembangan pelabuhan Patimban dan Bandara Internasional Kertajati.

Di sisi lain juga akan didirikan kawasan industri mulai dari Cirebon hingga Semarang. "Jadi ini logikanya sangat menguntungkan," kata Fanshurullah.

Adapun konstruksi proyek ini akan memakan waktu sekitar 1 hingga 1,5 tahun ke depan. Dengan begitu tahun 2019 proyek tersebut dapat beroperasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...