Diminta Kelola 7 Bandara Baru, Angkasa Pura Fokus 4 Bandara di 2018

Image title
11 Januari 2018, 19:28
Bandara Kertajati
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Bandara Kertajati ditargetkan bisa mulai beroperasi pertengahan tahun ini

Pemerintah telah meminta PT Angkasa Pura II (Persero) untuk mengelola tujuh bandara baru tahun ini.  Namun, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola bandara ini hanya akan fokus untuk mengembang empat bandara diantaranya.

Tujuh bandara ini merupakan bandara yang baru dibangun dan akan selesai tahun ini. Ada juga bandara yang sebelumnya dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kemudian diserahkan pengelolaannya kepada Angkasa Pura II.

Advertisement

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Angkasa Pura II Daan Achmad ketujuh bandara tersebut adalah Bandara Maimun Saleh di Sabang (Aceh), Bandara Wirasaba (Purwokerto, Jawa Tengah), dan Bandara Blimbingsari (Banyuwangi, Jawa Timur).

Kemudian Bandara Tjilik Riwut (Palangkaraya, Kalimantan Tengah), H.A.S. Hanandjoeddin (Tanjung Pandan, Bangka Belitung), Bandara Notohadinegoro (Jember, Jawa Timur), dan Bandara Internasional Jawa Barat (Kertajati, Jawa Barat). (Baca: Kemenhub Serahkan Pengelolaan Bandara Banyuwangi ke AP II)

“Tahun ini fokusnya empat dulu ya, Banyuwangi, Tjilik Riwut, BIJB (Kertajati), sama Jember,” ujar Daan saat ditemui di Gedung BRI, Jakarta, Kamis (11/1). 

Menurut Daan, tidak ada alasan khusus yang mendasari Angkasa Pura II hanya akan fokus pada 4 bandara baru yang diminta pemerintah. Dia mengaku cukup berat mengelola bandara baru, makanya Angkasa Pura II ingin menyesuaikan kemampuan perusahaan.

Berdasarkan perhitungan Angkasa Pura II, empat bandara baru ini lebih realistis untuk bisa dikelola tahun ini. "Pokoknya kami sesuai saja yang kami anggap bisa lebih cepat mengerjakannya. Prosesnya kan sudah lama kan," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement