Setelah meresmikan stadion GBK, Jokowi akan menyaksikan laga sepakbola antara Tim Nasional Indonesia melawan Islandia pada Minggu (14/1).
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta, Kamis (11/1). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang telah direnovasi hingga 100%. Usai peresmian, Jokowi akan menyaksikan laga sepakbola antara Tim Nasional Indonesia melawan Islandia pada Minggu (14/1).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, stadion GBK disiapkan untuk penghelatan akbar Asian Games XVIII 2018 mendatang. Dia mengatakan salah satu keunggulan stadion ini adalah pencahayaan 3.500 lux namun dengan LED lighting maka konsumsi listrik lebih hemat 50% dari lampu konvensional.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

"Saya dapat informasi untuk pencahayaannya jadi salah satu yang terbaik di dunia, walaupun akan diungguli stadion olimpiade Tokyo 2020," kata Basuki dalam keterangan resmi Kementerian PUPR, Jumat (12/1).

(Baca: Habiskan Rp 700 Miliar, Sri Mulyani Puji Revitalisasi GBK)

Selain itu kualitas kursi lebih bagus yang terdiri dari satu kursi dan sistim lipat dengan kemampuan menahan beban 250 kilogram. Namun dengan sistim kursi saat ini kapasitas SUGBK hanya mencapai 80 ribu orang. Menurut Basuki sistim bangku teranyar ini sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan.

"Di mana dalam kondisi darurat maka dalam kondisi 15 menit stadion bisa kosong," katanya.

Kualitas lapangan juga dinilai Basuki semakin baik dengan jenis zoysia matrella yang dilengkapi penyiram rumput otomatis hingga drainase anti banjir. Selain itu rumput ini telah mendapat sertifikasi internasional. "Kalau rumput imitasi digunakan di Lapangan ABC untuk latihan," katanya.

Renovasi stadion ini dikerjakan Adhi Karya den PT. Penta Rekayasa dengan kontrak Rp 769,7 miliar. Pekerjaan dimulai sejak Agustus 2016 lalu. Basuki juga menjelaskan secara total, renovasi venue dan penataan kawasan Gelora Bung Karno telah mencapai 99%. "Nanti satu per satu diresmikan Presiden," kata Basuki.

(Baca juga: ‎Pemerintah Janjikan Hadiah Rumah Bagi Peraih Medali Asian Games 2018)

Ameidyo Daud
Tags:
Artikel Terkait
Sungai Citarum merupakan sumber air bagi 27,5 juta penduduk Jawa Barat dan DKI Jakarta. Bahkan 80 persen pasokan air DKI berasal dari sungai ini.
Bahkan saat menyantap makan siang bersama, Jokowi sempat mencari Uu sesampainya di meja makan. "Ini pak Bupati saya cariin," ujarnya
Nelayan minta diizinkan menggunakan cantrang selama dilakukan uji petik untuk mengetahui bahaya dari penggunaan alat tersebut.