Renovasi Stadion GBK Tuntas dan Siap Diresmikan Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
12 Januari 2018, 05:00
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta, Kamis (11/1).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang telah direnovasi hingga 100%. Usai peresmian, Jokowi akan menyaksikan laga sepakbola antara Tim Nasional Indonesia melawan Islandia pada Minggu (14/1).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, stadion GBK disiapkan untuk penghelatan akbar Asian Games XVIII 2018 mendatang. Dia mengatakan salah satu keunggulan stadion ini adalah pencahayaan 3.500 lux namun dengan LED lighting maka konsumsi listrik lebih hemat 50% dari lampu konvensional.

"Saya dapat informasi untuk pencahayaannya jadi salah satu yang terbaik di dunia, walaupun akan diungguli stadion olimpiade Tokyo 2020," kata Basuki dalam keterangan resmi Kementerian PUPR, Jumat (12/1).

(Baca: Habiskan Rp 700 Miliar, Sri Mulyani Puji Revitalisasi GBK)

Selain itu kualitas kursi lebih bagus yang terdiri dari satu kursi dan sistim lipat dengan kemampuan menahan beban 250 kilogram. Namun dengan sistim kursi saat ini kapasitas SUGBK hanya mencapai 80 ribu orang. Menurut Basuki sistim bangku teranyar ini sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan.

"Di mana dalam kondisi darurat maka dalam kondisi 15 menit stadion bisa kosong," katanya.

Kualitas lapangan juga dinilai Basuki semakin baik dengan jenis zoysia matrella yang dilengkapi penyiram rumput otomatis hingga drainase anti banjir. Selain itu rumput ini telah mendapat sertifikasi internasional. "Kalau rumput imitasi digunakan di Lapangan ABC untuk latihan," katanya.

Renovasi stadion ini dikerjakan Adhi Karya den PT. Penta Rekayasa dengan kontrak Rp 769,7 miliar. Pekerjaan dimulai sejak Agustus 2016 lalu. Basuki juga menjelaskan secara total, renovasi venue dan penataan kawasan Gelora Bung Karno telah mencapai 99%. "Nanti satu per satu diresmikan Presiden," kata Basuki.

(Baca juga: ‎Pemerintah Janjikan Hadiah Rumah Bagi Peraih Medali Asian Games 2018)

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...