Survei Pilgub Jabar, Ridwan Kamil-Uu dan Deddy-Dedy Bersaing Ketat

Dimas Jarot Bayu
5 Februari 2018, 18:07
Pilkada Jabar
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Empat pasang Cagub dan Cawagub Jawa Barat (kiri-kanan) Sudrajat - Ahmad Syaikhu, Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi, TB Hasanudin - Anton Charliyan dan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum mengangkat tangan bersama seusai menjalani tes kesehatan di RS Hasan Sadikin,

Cyrus Network membuat survei elektabilitas dalam pemilihan gubernur Jawa Barat yang menunjukkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ullum dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi diprediksi bersaing ketat.  Ridwan-Uu sementara ini mendapatkan 45,9% suara pemilih dan Deddy-Dedi mendapatkan angka elektablitas 40,9%.

Kedua pasangan tersebut hanya memiliki selisih dukungan elektoral yang tipis untuk bisa memenangkan kursi nomor satu di Tanah Pasundan tersebut. "Selisih dukungan elektoral kedua pasangan ini hanya terpaut sekitar 5% saja," kata Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto di Jakarta, Senin (5/2).

Sementara, pasangan Mayjen (Purn) Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan TB Hasanudin-Anton Charliyan masing-masing baru mendapatkan dukungan sebesar 5% dan 2,5%. 

(Baca: Diusung Golkar Jadi Cagub Jabar, Deddy Mizwar Diminta Dukung Jokowi)

Cyrus Network mengadakan survei pada 16-22 Januari 2018 dengan melibatkan 1000 responden di seluruh Jawa Barat. Survei dilakukan melalui metode multistage random sampling dengan margin of error +/- 3,1% dan tingkat kepercayaan 95%. Quality control dilakukan terhadap 20% sampel yang ada.

Menurut Eko, Ridwan-Uu sejauh ini unggul sebesar 48,5% berbanding 43,3% suara Deddy-Dedi di wilayah pembangunan I Jawa Barat yang meliputi Bogor Raya, Sukabumi, Cianjur dan Depok. Ridwan-Uu juga unggul 60,9% berbanding 27,4% suara Deddy-Dedi di wilayah pembangunan IV yang meliputi Bandung Raya, Tasik, Garut, Ciamis dan Pangandaran.

Adapun, Deddy-Dedi unggul 56,8% berbanding 25,5% suara Ridwan-Uu di wilayah pembangunan II yang meliputi Bekasi Raya, Purwakarta, Karawang, dan Subang. Deddy-Dedi juga unggul 44,4% berbanding 36,9% suara Ridwan-Uu di wilayah pembangunan III yang meliputi Cirebon Raya, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Berdasarkan survei Cyrus Network, basis keunggulan Ridwan-Uu muncul dari kalangan wiraswasta (50%), karyawan swasta (49,3%), pemilih dengan pendidikan SMA ke atas (54%), serta terkoneksi dengan media sosial (51.6%).

"Basis keunggulan Deddy-Dedi adalah di kalangan ibu rumah tangga (45,5%), petani (50%), pemilih dengan pendidikan SMP ke bawah (47,7%), dan mayoritas belum terkoneksi dengan media sosial (45,5%).

(Baca juga: Pragmatis, Alasan Koalisi Demokrat dengan Partai Pendukung Jokowi)

Suara Pemilih PDIP, Gerindra, dan PKS Bergeser

Minimnya suara Sudrajat-Syaikhu dan TB Hasanuddin-Anton saat ini dinilai karena suara pemilih PDIP, Gerindra, dan PKS banyak bergeser kepada Ridwan-Uu dan Deddy-Dedi. Survei Cyrus Network memperlihatkan bahwa pemilih PDIP saat ini masih terbelah mendukung Ridwan-Uu (43%) dan Deddy-Dedi (44%).

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...