Gejolak Bursa Saham Global, Sri Mulyani Fokus Jaga Stabilitas Domestik

Rizky Alika
6 Februari 2018, 21:26
Sri Mulyani
Arief Kamaludin (Katadata)

Indeks bursa saham dunia berjatuhan di awal Februari ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah akan mencermati kondisi yang dipicu oleh koreksi tajam di bursa Amerika Serikat (AS) tersebut. Adapun kebijakan fiskal dan moneter akan terus diarahkan untuk menjaga stabilitas ekonomi domestik.

"Seluruh kebijakan pemerintah akan terus diperkuat. Sekarang ini dari sisi makro kami ingin terus menyampaikan bahwa kebijakan fiskal dan moneter, keduanya dijaga untuk stabilitas perekonomian Indonesia,” kata Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (6/2). (Baca juga: Dirut BEI: Ketidakpastian Ekonomi AS Picu Kepanikan Investor)

Advertisement

Selain itu, kebijakan juga akan tetap berfokus untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi yang terpantau membaik di kuartal IV 2017 lalu. Sri Mulyani menyatakan pemerintah akan menjaga agar investasi bisa tumbuh di atas 7%, ekspor di atas 8%, dan konsumsi rumah tangga kembali ke kisaran 5% tahun ini. Belanja pemerintah juga akan digunakan mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi.

Adapun di tengah upaya menggenjot ekonomi, fundamental makro akan terus dijaga untuk meyakinkan semua pihak bahwa stabilitas bisa tetap terjaga. Fundamental makro yang dimaksud seperti defisit anggaran yang konservatif di level 2,19%, inflasi rendah dan nilai tukar rupiah yang terjaga volatilitasnya.

Pada Selasa (6/2), mayoritas indeks di bursa Asia anjlok. Koreksi terbesar dialami indeks Hang Seng di Hong Kong yaitu sebesar 5,12%. Nikkei 225 dan Topix (Tokyo) di Jepang juga terkoreksi masing-masing 4,73% dan 4,4%, demikian juga dengan CSI 300 di Tiongkok turun 2,93%. Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun 1,69%.

Indeks di bursa Eropa juga melemah. Saat berita ini ditulis, Euro Stoxx 50 Pr turun 2,56%. Adapun sehari sebelumnya, indeks utama di bursa AS mengalami koreksi dalam. Indeks Dow Jones ditutup turun 4,6%.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement