Wapres Kalla Minta Para Menteri Dorong Industri Berorientasi Ekspor

Michael Reily
Oleh Michael Reily - Ameidyo Daud Nasution
9 Februari 2018, 16:29
Pelabuhan Ekspor
Katadata

Hari ini Wakil Presidn Jusuf Kalla mengumpulkan para menteri di bisang ekonomi di kantornya. Mereka membahas beberapa hal terkait permasalahan investasi dan ekspor. Beberapa menteri yang hadir adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Perdagangan, dan Menteri Perindustrian.

Darmin mengungkapkan dalam rapat tersebut, Kalla menyatakan dua hal besar yang harus didorong, yakni industri dan investasi berbasis ekspor. “Kami mengidentifikasi beberapa industri atau kegiatan, mungkin empat atau lima industri berpotensi besar,” kata Darmin usai rapat tersebut di Jakarta, Jumat (9/2).

(Baca: Usai Ditegur Jokowi, Mendag Menaikkan Target Ekspor Jadi 11%)

Pembahasan dalam rapat ini akan dirumuskan menjadikan kebijakan untuk kemudahan dunia usaha. Meski baru penjajakan, Darmin mengungkapkan salah satu hal yang dipelajari adalah industri minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO) yang terkena pajak dan pungutan ekspor. Alhasil, industri ini kesulitan dalam melakukan hilirisasi. Pemerintah tengah mengkaji untuk meminimalisasi hambatan-hambatan di industri ini.

Untuk smelter hasil tambang, kajiannya masih perlu didiskusikan lebih lanjut. Industri pengolahan dan pemurnian mineral ini merupakan salah satu hal yang diprioritaskan. Namun, keputusan akhir tetap sesuai potensi percepetan pengembangan. “Kami akan melakukan perubahan dalam kecepatan pengurusan investasi dalam berusaha,” ujar Darmin.

(Baca: Industri Logam Masih Rendah Serap Produk Smelter Dalam Negeri)

Menurutnya, industri dan hilirisasi yang diprioritaskan tidak harus komoditas sumber daya alam. Mencontoh Vietnam, negara ini juga memiliki ekspor yang tinggi untuk alat elektronik. Sehingga, prioritas pengembangan produk ekspor masih akan terus dibahas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...