Sinarmas Gandeng Yahoo Jepang Dirikan Perusahaan Modal Ventura

Pingit Aria
22 Maret 2018, 10:10
Chairman Sinarmas, Franky O Widjaja
Katadata/Arief Kamaludin
Chairman Sinarmas, Franky O Widjaja di Jakarta, Rabu, (19/08).

Sinarmas , East Ventures dan Yahoo Japan membentuk perusahaan modal ventura yang dinamai EV Growth. Modal ventura ini akan membidik perusahaan rintisan tahap pertumbuhan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia untuk disuntik modal.

EV Growth akan diluncurkan hari ini, Kamis (22/3). Didukung oleh tiga pemain berpengalaman, EV Growth akan mulai aktif beroperasi di kuartal kedua tahun ini.

(Baca juga:  DANA dari Emtek Ramaikan Persaingan Uang Elektronik Indonesia)

Dalam wawancara dengan Katadata, beberapa waktu lalu, Chairman Sinarmas Franky Oesman Widjaja menyatakan, perusahaan harus beradaptasi dengan perkembangan digital. Sinarmas yang dikenal sebagai pemain besar di bidang agrobisnis pun tak menutup mata.

Ia mencontohkan, penggunaan kertas tulis –salah satu bisnis andalan Sinarmas– telah banyak tergantikan dengan teknologi. “Kertas tulis tidak laku lagi, (kalau) tetap bikin ya hancur,” kata Franky, awal Maret lalu.

Sebelum masuk ke bisnis pendanaan melalui EV Growth, Sinarmas, melalui anak usahanya, Sinarmas Land pun telah membuka digital hub di Bumi Serpong Damai (BSD). “BSD itu mau kami buat BSD Valley. Sillicon Valley jadi BSD Valley,” ujar Franky.

(Baca juga: Kunci Ketahanan Pangan adalah Produktivitas)

Ia mengungkapkan, dalam lima tahun ke depan, Sinarmas memang akan mendorong bisnis digitalnya. “Big data, artificial intelegence, internet of things, machine to machine, semua adalah teknologinya, tapi aplikasinya yang penting,” katanya. Ia menambahkan, “Tentu, kami akan pikirkan bagaimana mengkomersialkan-nya.”

Reporter: Michael Reily, Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...