Belum Didukung Parpol Jadi Capres, Gatot Nurmantyo Diusung Relawan

Dimas Jarot Bayu
6 April 2018, 18:31
Gatot Nurmantyo
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Mantan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat menjadi Dewan Pembina Utama Tim Sepak Bola PS TNI Rakyat (Tira) di Stadion Sultan Agung, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (18/3/2018).

Hingga kini belum ada satu pun partai politik yang secara resmi mengusung mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo untuk berlaga dalam pemilihan presiden 2019. Namun, keadaan tersebut membuat beberapa orang mendukung Gatot maju sebagai calon presiden (capres) periode 2019-2024.

Para pendukung Gatot ini membentuk kelompok relawan Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) dan menyampaikan deklarasi dukungannya di Restoran Pulau Dua, Jakarta, Jumat (6/4). Mereka menyatakan deklarasi setelah menunda Gatot pensiun dari TNI pada 1 April lalu.

"Kami dari Presidium Nasional GNR mendukung Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo sebagai pemimpin masa depan Indonesia tahun 2019-2024," kata Ketua Presidium Nasional GNR Dondi Rivaldi.

Gerakan dukungan kepada Gatot tidak hanya bergema menjelang Pilpres. Saat Gatot masih aktif sebagai Panglima TNI, Dondi telah menyatakan dukungannya agar Gatot maju sebagai capres. Ketika itu, Dondi menyatakan dirinya sebagai pimpinan Presidium Front Eksponen 98. Dondi juga pada September 2017 mengadakan kegiatan gerakan nonton bareng film tragedi 30 September 1965 yang digagas Gatot.

(Baca juga: Jalan Terjal Gatot Nurmantyo Maju Pilpres 2019)

Dondi mengklaim para relawan GNR berasal dari kalangan aktivis, nelayan, buruh, mahasiswa, dosen, hingga santri. Namun, Dondi memiliki data dan tak dapat memberikan perkiraan jumlah para pendukung dari gerakan relawan ini.

Menurut Dondi, deklarasi di Jakarta merupakan langkah awal GNR dan dilanjutkan dengan kegiatan serupa di 19 provinsi lainnya. Nantinya, GNR akan menggalang dukungan mulai dari kota hingga desa untuk dapat meningkatkan elektabilitas Gatot dalam bursa Pilpres 2019.

Namun, GNR belum berencana membangun lobi agar partai politik mengusung Gatot. "Kami tidak menganalisis partai politik, kami hanya menghimpun semangat teman-teman yang mau mendukung Pak Gatot," kata Dondi.

Selain GNR, deklarasi dukungan terhadap Gatot datang dari Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN). Ketua RSPN Rama Yumatha mengatakan, kelompoknya terdiri dari orang-orang yang mengagumi Gatot dan menginginkannya menjadi Presiden periode 2019-2024.

(Baca juga: Anies dan Gatot Kandidat Cawapres, Gerindra Pantau Elektabilitas)

Pengamat politik menilai tak mudah bagi Gatot melaju di Pilpres 2019. Faktor utama penghambat yakni Gatot hingga kini belum mendapatkan dukungan dari partai politik. Persyaratan partai politik untuk mengajukan capres dan cawapres pun tak mudah, yakni harus memenuhi syarat ambang batas pencalonan seperti diatur Pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...