Bank Mandiri Bidik Penerbitan 4 Juta Kartu Debit Berlogo GPN di 2018

Image title
9 April 2018, 16:26
Bank Mandiri
KATADATA
Bank Mandiri

Perbankan mulai menerbitkan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) tahun ini, salah satunya Bank Mandiri. Penerbitan kartu tersebut untuk mendukung sistem pembayaran yang lebih efisien dan murah. Selain itu, membantu prinsipal atau lembaga switching lokal bersaing dengan prinsipal asing, seperti Visa Mastercard.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan Kartu Mandiri debit berlogo GPN ini akan menjadi kartu utama yang ditawarkan kepada nasabah pada saat pembukaan rekening atau penggantian kartu. Tahun ini, Bank Mandiri menargetkan penerbitan 4 juta kartu debit berlogo GPN.

“Inisiatif ini menjadi wujud komitmen kami dalam mendukung Bank Indonesia merealisasikan Gerbang Pembayaran Nasional untuk sistem pembayaran yang lebih efisien dan lebih murah dibandingkan dengan penggunaan kartu berlogo prinsipal luar negeri,” kata Hery saat peluncuran debit Mandiri berlogo GPN di Plaza Mandiri, Jakarta pada Senin (9/4).

(Baca juga: Nasabah Wajib Punya 1 Kartu Debit GPN, Visa Mastercard Bisa Tergeser)

GPN merupakan sistem baru yang memungkinkan interkoneksi dan interoperabilitas berbagai kanal sistem pembayaran. Dengan GPN, transaksi kartu ATM/debit bisa diproses di seluruh mesin ATM ataupun Electronic Data Capture (EDC) di dalam negeri.

Dengan GPN, transaksi off us alias transaksi dengan kartu debit di EDC/ATM bank lain juga tidak perlu lagi diproses di luar negeri oleh prinsipal asing sebagaimana banyak terjadi sebelumnya. BI pun sudah mewajibkan seluruh transaksi domestik diproses menggunakan GPN.  

Seiring penerapan GPN, BI menetapkan biaya layanan yang harus dibayarkan merchant alias merchant discount rate (MDR) sebesar 1% per transaksi di ATM atau EDC yang berbeda, lebih murah dari biasanya antara 2-3%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...