Investasi Hulu Migas Kuartal I Tahun 2018 Meningkat  

Arnold Sirait
12 April 2018, 08:18
Pengeboran minyak lepas pantai.
KATADATA
Pengeboran minyak lepas pantai.

Investasi hulu minyak dan gas bumi (migas) mulai mengalami peningkatan di kuartal I tahun 2018 daripada periode yang sama tahun lalu. Salah satu penyebabnya adalah harga minyak dunia yang mulai naik, sehingga merangsang investor untuk berinvestasi.

Berdasarkan data Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), investasi hulu migas sejak awal Januari hingga 31 Maret 2018 mencapai US$ 2,4 miliar. Padahal tahun lalu hanya di periode yang sama hanya US$ 1,9 miliar.

Advertisement

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan membaiknya harga minyak mentah mendorong keekonomian proyek hulu migas ke arah yang positif. “Kegiatan pengembangan meningkat, salah satunya aktivitas pemboran,” kata dia kepada Katadata.co.id, Kamis (12/4).

Jika dirinci, investasi selama tiga bulan pertama tahun 2018 itu terdiri dari eksplorasi sebesar US$ 0,25 miliar. Sedangkan untuk eksploitasi yang berupa pengembangan dan produksi bisa mencapai US$ 1,97 miliar.

Adapun kegiatan di blok eksplorasi tahun ini terdiri dari pengeboran sumur eksplorasi sebanyak 103 sumur. Padahal target WP&B orisinal tahun lalu bisa 138 kegiatan.

Kegiatan lainnya yang dilakukan di blok eksplorasi yakni seismik dua dimensi (2D) sepanjang 1.759 kilometer (km). Kemudian seismik 3D sepanjang 356 kilometer persegi (km2).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement