Ketimpangan Kualitas Hidup Masyarakat Indonesia Masih Tinggi

Michael Reily
16 April 2018, 19:34
penduduk Papua
ANTARA FOTO/Indrayadi TH
Aktivitas belajar mengajar di SD Inpres Yowong, Distrik Arso Barat, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (2/5).

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan ketimpangan kualitas hidup masyarakat Indonesia masih tinggi. Disparitas itu tercermin dalam rilis BPS tentang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2017 d yang  menjadi salah satu faktor pembangunan.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan dari 34 provinsi di Indonesia, hanya DKI Jakarta yang memiliki IPM berstatus sangat tinggi, yaitu 80,06. BPS juga mencatat, sebanyak  14 provinsi  memiliki IPM berstatus tinggi dengan angka 70 hingga 80 dan 18 provinsi memiliki status sedang dengan rentang IPM 60 sampai 70. Papua menjadi satu-satunya provinsi berstatus IPM rendah dengan perolehan indeks sebesar 59,09.

Advertisement

“Ada pr besar mengenai ketimpangan kualitas hidup yang tinggi. Ada progres yang patut diapresiasi. Tentunya ke depan harus dibuat berbagai kebijakan untuk meningkatkan IPM rendah dan sedang,” kata Suhariyanto di Jakarta, Senin (16/4).

Selain itu, disparitas antarkabupaten dan kota di Provinsi Papua juga masih memiliki ketimpangan tinggi. Kabupaten Nduga misalnya, yang memiliki IPM yang sangat rendah yaitu 27,87, jauh dibandingkan Kota Jayapura yang mencapai 79,23.

Meski begitu, BPS juga mencatat ada kemajuan dalam peningkatan pembangunan manusia.Provinsi  Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Barat  meningkat paling tinggi dibanding tahun lalu dengan pertumbuhan masing-masing sebesar 1,79%, 1,25%, dan 1,17%. “Meski rendah, ada upaya untuk mengejar pertumbuhan,” ujar Suhariyanto.

Pengukuran IPM dilakukan dengan mengacu pada 4 indikator, yakni Umur Harapan Hidup, Harapan Lama Sekolah, Rata-rata Lama Sekolah, dan Pengeluaran per Kapita. Keempat indikator juga mencatatkan nilai yang positif dari waktu ke waktu.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement