Pengusaha Meradang, Pemerintah Evaluasi Tambahan Cuti Bersama Lebaran

Ameidyo Daud Nasution
30 April 2018, 15:07
Mudik di Bandara Juanda
ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Sejumlah pemudik di Bandara Juanda, Surabaya, Senin (19/6/2017).

Pemerintah masih akan mengevaluasi kebijakan tambahan cuti bersama lebaran, setelah mendapatkan protes dari kalangan pengusaha. Pemerintah sebelumnya memutuskan menambah cuti bersama tiga hari sehingga cuti dan libur Idul Fitri 1439 H berjumlah hampir dua minggu. 

Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (MenPan - RB) Asman Abnur mengatakan keputusan penambahan cuti bersama ini akan dibahas kembali dalam rapat yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

Asman mengatakan rapat yang akan digelar hari ini akan melibatkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Sebelum ada keputusan, Asman tak dapat memastikan adanya pengurangan jumlah cuti bersama.

"Saya belum bisa mengatakan kemungkinan (pengurangan cuti), yang jelas akan ada rapat koordinasi lagi," kata Asman di Jakarta, Senin (30/4).

(Baca juga: Cuti Bersama Idul Fitri 1439 H Bertambah Tiga Hari)

Asman mengatakan pemerintah mendengarkan masukan banyak pihak sebelum mengambil keputusan. Pembahasan evaluasi cuti ini akan melibatkan pengusaha. "Ada pengusaha, industri, terutama industri dan pelaku usaha," kata Asman.

Sebelumnya, para pengusaha protes atas pemberian cuti bersama Idul Fitri yang terlalu panjang. Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan, sebaiknya pemerintah menghindari berbagai faktor yang menyebabkan ketidakpastian.

Halaman:
Reporter: Hari Widowati
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...