Akusisi Federal Oil, Exxon Incar Pangsa Pasar Pelumas Sepeda Motor

Anggita Rezki Amelia
3 Mei 2018, 19:20
ExxonMobil
Arief Kamaludin|KATADATA

ExxonMobil optimistis pangsa pasar bisnis pelumas di Indonesia terus meningkat. Ini seiring dengan kesepakatan pembelian PT Federal Karyatama (FKT), termasuk merek dagang pelumas Federal Oil.

Vice President Public & Government Affairs ExxonMobil Indonesia Erwin Maryoto belum menghitung secara pasti pangsa pasar yang bisa dikuasai perusahaannya. Yang jelas, itu akan memperbesar ‘sayap bisnis’ perusahaan asal Amerika Serikat itu. “Akan meningkat secara signifikan karena Federal punya pangsa pasar yang besar,” kata dia di Jakarta, Kamis (3/5).

Erwin juga mengungkapkan beberapa alasan membeli perusahaan tersebut. Pertama, pembelian itu akan melengkapi bisnis ExxonMobil di sektor pelumas. Ini karena selama ini, ExxonMobil hanya menggarap ceruk kendaraan roda empat melalui pelumas merek Mobil One. Sementara itu, Federal Oil memiliki pangsa pasar yang cukup kuat untuk sepeda motor.  

Alasan kedua mengakuisisi adalah saat ini adalah peluang yang cukup besar untuk bisnis pelumas. “Kami lihat pasar lubricant di Indonesia adalah salah satu yang berkembang sangat cepat di Asia Pasifik,” ujar dia. 

Adapun, ExxonMobil akan mengakuisisi merek dagang pelumas Oil dan pabrik pengolahan pelumas dengan kapasitas 700 ribu barel per tahun di Cilegon, Indonesia. Kemudian, jika disetujui pemegang saham, pemerintah serta peraturan akan mengambil alih 100% saham perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk beserta afiliasinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...