Tambah Gerai, Mitra Adiperkasa Serap Capex Rp 200 Miliar di Kuartal I
Perusahaan retail produk fashion dan gaya hidup, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) hingga kuartal I 2018 telah menyerap investasi sekitar Rp 200 miliar dari total belanja modal (capital expanditure/capex) yang dianggarkan perusahaan tahun ini sebesar Rp 800 miliar. Menurut manajemen perseroan, sebagian besar dana tersebut telah digunakan untuk menambah sejumlah gerai.
"Capex hingga kuartal I 2018 sudah terpakai Rp 200 miliar untuk menambah gerai seluas 9.118 meter per segi," kata Head of Corporate Communication of MAP Fetty Kwartati kepada Katadata melalui pesan singkat.
Mengutip laporan perusahaan, pada tiga bulan pertama 2018 Mitra Adiperkasa tercatat telah menambah sekitar 1 unit department store dan 11 gerai food and beverage. Di samping itu, perusahaan juga diketahui telah menutup sebanyak 40 gerai speciality store.
(Baca : Mitra Adiperkasa Ambil Alih Pemasaran Clarks dan Lego di Indonesia)
Dengan demikian, hingga kuartal I 2018 secara keseluruhan perusahaan telah mengoperasikan sekitar 1.925 unit gerai. Angka itu menyusut dari total gerai yang dioperasikan perseroan per akhir 2017 sebanyak 1.953 unit retail di 75 kota di Indonesia.
Menejemen menuturkan tetap optimistis terkait pertumbuhan bisnis tahun ini, kendati tetap mewaspadai hambatan yang berpotensi menahan laju pertumbuhan industri retail, seperti maraknya persaingan perdagangan dunia, perlambatan ekonomi Tiongkok, kenaikan suku bunga dan sebagainya.
"Tahun ini kami berharap ada pertumbuhan sales sekitar 15% dengan pertumbuhan laba bersih di atas itu," kata Fetty.
(Baca Juga : Penjualan Peretail Fashion dan Gaya Hidup Naik di Kuartal I 2018)
Selain medorong pertumbuhan bisnis di dalam negeri, perseroan juga berencana memperkuat ekspansi bisnisnya di Vietnam dengan mulai membawa brand fashion, olahraga serta gerai makanan-minuman, salah satunya Genki Sushi yang beroperasi di bawah anak usahanya yakni PT Agung Mandiri Lestari. Wakil Presiden Direktur Mitra Adiperkasa VP Sharma mengatakan maish melihat banyak peluang bisnis di negara tersebut.
Per kuartal I 2018, pasar Vietnam telah berkontribusi sekitar 7,23% atau sekitarRp 312 miliar dari total penjualan sebesar Rp 4,32 triliun.
Ekspansi Mitra Adiperkasa di Vietnam telah dimulai sejak 2017. Dengan ekspansinya itu, perseroan tercatat telah membuka sebanyak 2 unit gerai ZARA, 1 gerai Stradivarius, 1 gerai Massimo Dutti dan 1 gerai PUll & Bear.