Lima Polisi Meninggal dalam Kerusuhan di Rutan Mako Brimob

Dimas Jarot Bayu
9 Mei 2018, 18:29
Kerusuhan Mako Brimob
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Personil Brimob berjaga di depan Mako Brimob Kelapa Dua pasca bentrok antara petugas dengan tahanan Rutan Brimob di Depok, Jawa Barat, Rabu (9/5) dini hari.

Enam orang meninggal dalam kerusuhan yang terjadi di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen M Iqbal mengatakan jumlah itu terdiri dari lima personel kepolisian dan satu orang narapidana terorisme.

Kelima personel polisi yang tewas yakni Bripda Wahyu Catur Pamungkas, Bripda Syukron Fadhlo, Ipda Rospuji, Bripka Denny, dan Briptu Fandi. Adapun, satu narapidana terorisme yang tewas yakni Benny Syamsu Tresno. “Saat ini (korban tewas) sudah di Rumah Sakit Kramat Jati,” kata Iqbal di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/5).

Menurut dia, satu narapidana terorisme yang tewas akibat melawan dengan mengancam nyawa petugas. Dia juga disebut mengambil senjata petugas. Karenanya, polisi mengambil upaya paksa kepada narapidana tersebut.

Sementara terhadap satu personel kepolisian yang disandera oleh narapidana terorisme -Brigadir Iwan Sarjana- polisi masih berupaya menyelamatkannya. “Satu rekan kami masih di dalam, masih disandera,” kata Iqbal.

Polisi mengklaim situasi di Rutan Mako Brimob terkendali. Aparat telah mengamankan Blok C yang menjadi lokasi kerusuhan.

(Baca: Polisi: Kerusuhan di Mako Brimob Tak Didalangi ISIS)

Dalam menangani insiden ini, polisi terus melakukan upaya persuasif agar para narapidana terorisme tetap tenang dan mengikuti aturan. Upaya tersebut dilakukan dengan negosiasi. “Negosiasi kepada beberapa orang tahanan yang mau diajak berkomunikasi yang tujuannya adalah upaya-upaya kedua belah pihak menemukan satu solusi,” kata Iqbal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...