Jelang Rapat BI, Agus Martowardojo Tegaskan Peluang Bunga Acuan Naik

Rizky Alika
15 Mei 2018, 15:18
Gubernur BI, Agus Martowardojo
Arief Kamaludin|KATADATA
Gubernur BI, Agus Martowardojo

Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) bakal menggelar rapat bulanan pada 16-17 Mei 2018 untuk menentukan kebijakan bunga acuan BI 7 Days Repo Rate. Menjelang rapat tersebut, Gubernur BI Agus Martowardojo kembali mengungkapkan tentang peluang besar kenaikan bunga acuan.

“Kami membuka peluang itu (penyesuaian) dan kami melihat bahwa peluang itu sangat dimungkinkan,” kata Agus usai menghadiri pertemuan dengan bankir di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Selasa (15/3).

Sinyal kenaikan bunga acuan ini pertama kali disampaikan Agus melalui pernyataan tertulis pada Jumat (11/5). Pernyataan dirilis seiring berlanjutnya pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang dipicu arus keluar dana asing imbas dinamika global.

Ketika itu, Agus menyatakan BI memiliki ruang yang cukup besar untuk mengerek bunga acuan. “Respons kebijakan tersebut akan dijalankan secara konsisten dan pre-emptive untuk memastikan keberlangsungan stabilitas,” kata dia.

(Baca juga: BI Disarankan Kerek Bunga Acuan daripada Cadangan Devisa Terkuras)

Adapun berdasarkan data Bloomberg, para ekonom masih terbagi soal kemungkinan kenaikan bunga acuan. Beberapa ekonom memprediksi kenaikan 0,25% ke level 4,5%, sedangkan beberapa lainnya memprediksi tidak ada kenaikan.

Sementara itu, Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Aviliani justru menyarankan kenaikan bunga acuan sebesar 0,5% menjadi 4,75% untuk menahan arus keluar dana asing.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...