Pengelolaan Lapangan Sukowati Resmi Beralih ke Pertamina EP

Anggita Rezki Amelia
21 Mei 2018, 20:07
Blok migas
Katadata

Pengelolaan Lapangan Sukowati resmi beralih ke PT Pertamina EP. Sebelumnya lapangan ini dioperatori Join Operating Body Pertamina-PetroChina East Java (JOB PPEJ).

Alih kelola Lapangan Sukowati dilakukan 20 Mei 2018. Ini mengacu Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 2800/12/MEM.M/2018.

Manajer Operasi Wilayah 1 Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Imam Purwanto berharap operator baru bisa menjaga produksi Lapangan Sukowati. “Ini untuk mendukung tingkat produksi migas nasional,” ujar dia berdasarkan keterangan resminya, Senin (21/5).

Presiden Direktur PT Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengatakan unitisasi merupakan salah satu model kerjasama yang umum terjadi di industri migas. Di Pertamina EP saja ada sekitar tujuh unitisasi di seluruh Indonesia, termasuk Unitisasi Sukowati.

Pengelolaan unitisasi Sukowati ini akan dilaksanakan tim dari PT Pertamina EP Asset 4. “Alhamdulillah PT Pertamina EP ditetapkan sebagai operator baru Lapangan Unitisasi Sukowati Fasilitas Produksi CPA Mudi dan FSO Cinta Natomas”, ujar Nanang.

Nanang juga sudah menyiapkan beberapa langkah agar produksi Lapangan Sukowati meningkat. Hingga April 2018, Lapangan Unitisasi Sukowati berhasil memproduksi 6.800 barel per hari (bph).  

Tahun ini, perusahaan menargetkan produksi bisa mencapai 7.000 bph. “Kami sudah menyiapkan beberapa strategi mengoptimalkan produksi di Lapangan Sukowati, di antaranya adalah dengan menyiapkan rencana pemboran, perbaikan sarana produksi PPE,” kata Nanang

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...