Menko Darmin Bantah Lembong Soal Peluncuran Bertahap Perizinan Online

Rizky Alika
22 Mei 2018, 19:22
Darmin Nasution
KATADATA | Arief Kamaludin

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution membantah pernyataan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong yang menyebut bahwa peluncuran sistem Online Single Submission (OSS) atau sistem online perizinan terintergrasi bakal dilakukan bertahap.

“Tidak betul itu. Nanti kami betulkan lah. Saya akan undang Pak Thom (sapaan Thomas Lembong) besok rapat,” kata Darmin di kantornya, Selasa (22/5). Menurut dia, pihaknya masih menargetkan sistem OSS beroperasi penuh akhir Mei 2018 ini.

Adapun hambatan yang masih dihadapi yakni kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dari BKPM untuk menjalankan sistem tersebut. “Hambatannya tinggal satu, SDM belum ada di tempat Pak Thom,” ucapnya. Jika hambatan tersebut bisa ditangani, sistem OSS bisa diluncurkan.

Maka itu, ia meminta BKPM mengurus pengadaan SDM ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. "Kalau diurus dari sebelum-sebelumnya tidak ada masalah," kata dia. 

Sebelumnya, Thom mengatakan peluncuran sistem OSS di Tanah Air direncanakan dalam tiga tahap. Namun, pemerintah masih membahas pembagian daerahnya untuk tiap tahap tersebut. (Baca juga: Mundur Lagi, Sistem Online Perizinan Terintegrasi Diluncurkan Bertahap)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...