Selain Infrastruktur, India Berminat Investasi Bangun Rumah Sakit

Dimas Jarot Bayu
26 Mei 2018, 07:00
Presiden Jokowi bertemu Perdana Menteri India Narenda Modi
Sekretaris Kabinet
Presiden Jokowi mengadakan pertemuan bilateral dengan PM India Narendra Modi di Hotel Taj Diplomatic Enclave, New Delhi, India, Kamis (25/1).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyebut India berencana berinvestasi pada tiga proyek di Indonesia bernilai miliaran dolar. Ketiga proyek tersebut, yakni pelabuhan dan rumah sakit di Sabang, Aceh; pelabuhan di Serang, Banten; serta Bandara Kulonprogo, Yogyakarta.

Rencananya, ketiga proyek tersebut akan mulai dibangun pada tahun ini. "Ada beberapa proyek yang akan dikerjakan dengan India," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (25/5).

Advertisement

Alasan India tertarik membangun pelabuhan di Sabang lantaran posisinya berdekatan dengan Andaman dan Nicobar. Keduanya merupakan Kepulauan Persekutuan India.

Sementara rumah sakit dibangun dengan faktor India menjadi salah negara yang maju dalam dunia medis. Luhut menilai, pembangunan rumah sakit oleh India akan mampu menekan biaya, namun tetap berteknologi mutakhir.

(Baca juga: Investor India Akan Operasikan Pelabuhan di Cilegon, Banten)

Pembangunan pelabuhan di Serang saat ini menjelang tahap groundbreaking. Investor asal India yakni Adani, akan mengelola pelabuhan peti kemas di Cilegon dengan kapasitas 2 juta TEUs. Adani sebagai pemegang saham minoritas akan menjadi operator dan bekerjasama dengan perusahaan lokal yang memiliki saham mayoritas.

Selain berencana berinvestasi di bandara Kulonprogo, maskapai India, Jet Airways, juga tertarik menambah rute dan frekuensi penerbangan ke Indonesia. Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjanjikan akan menambah slot penerbangan bagi perusahaan tersebut.

Luhut mengatakan India tertarik meningkatkan rute penerbangan langsung dari Delhi atau Mumbai ke Jakarta, Bali, Medan, atau kota lain di Indonesia. Saat ini jumlah penerbangan dari India ke Indonesia sudah sebanyak 28 kali sehari.

(Baca: Luhut Ajak Maskapai Buka Penerbangan Langsung dari Silangit ke India)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement