Pemerintah Klaim Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2018 Membaik

Dimas Jarot Bayu
25 Juni 2018, 16:43
Mudik 2018
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Antrean kendaraan di gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/6). Data dari PT Lintas Marga Sedaya (LMS) pada H-5 Lebaran, jumlah kendaraan yang keluar dari gerbang tol Palimanan mencapai 44.408 mobil.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengklaim penyelenggaraan mudik lebaran 2018 berjalan lancar dan kondusif. Bahkan, Wiranto menyebut penyelenggaraan tahun ini lebih baik dibandingan beberapa tahun sebelumnya.

"Masyarakat ternyata lebih mudah untuk melakukan mudik lebaran dan  arus balik," kata Wiranto di Mabes Polri, Jakarta, Senin (25/6).

Menurutnya,  masyarakat lebih cepat untuk kembali ke kampung halaman pada lebaran kali ini. Hal ini salah satunya ditunjang oleh pembangunan berbagai infrastruktur  pemerintah.

Selain persoalan infrastruktur,  pemerintah pun mengklaim  telah berhasil mengatasi masalah  kemacetan yang selama ini  menjadi momok pemudik jalur darat. Kecelakaan lalu lintas juga disebut  berhasil ditekan hingga 30% dibandingkan tahun sebelumnya.

(Baca : 5 Ruas Tol Trans Jawa Fungsional Mulai Dibuka untuk Mudik)

Berdasarkan data Polri, kejadian kecelakaan turun 1.173 peristiwa atau 37%. Pada 2017 jumlah kecelakaan lalu lintas selama Lebaran mencapai 3.168 peristiwa. Sementara tahun ini jumlah kecelakaan lalu lintas sebanyak 1.995 peristiwa.

Korban meninggal dunia karena kecelakaan pun bekurang 275 orang atau 37%. Pada lebaran tahun lalu korban kecelakaan mencapai 742 orang. Tahun 2018 korban kecelakaan sebanyak 467 orang.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...