Poles Citra Perusahaan, Bakrie & Brothers Rambah Bisnis Bus Listrik

Image title
27 Juni 2018, 07:19
Bakrie Tower | KATADATA
KATADATA
Bakrie Tower | KATADATA

PT Bakrie & Brothers Tbk melebarkan sayap bisnisnya ke bidang pengadaan bus bertenaga listrik, aksi korporasi yang sekaligus untuk mengangkat citra perusahaan. Emiten berkode BNBR itu bekerja sama dengan perusahaan asal Tiongkok yang bergerak di bidang pengembang dan manufaktur baterai, BYD Auto.

Kedua perusahaan ini akan membentuk konsorsium yang masing-masing memiliki tugas berbeda. BNBR berfokus dalam mencari proyek dan operator transportasi, sedangkan BYD Auto menggalang pendanaan dan memasok teknologi, seperti penyediaan baterai hingga dinamo bus listrik.

“Nanti tidak hanya menjual komponen dan membuat bus, juga ada potensi keuntungan dari pengoperasian bus, seperti Transjakarta di Jakarta,” kata Direktur Utama Bakrie & Brothers Bobby Gafur Umar di Bakrie Tower, Jakarta pada Selasa (26/6).

(Baca juga artikel DInside: Harga Saham Grup Bakrie dan Lippo Hadapi Tekanan Pasar).

Sayangnya, Bobby belum bisa membeberkan jumlah investasi dari proyek yang rencananya berjalan mulai Oktober 2018 itu. Terlebih dahulu, Bakrie & Brothers hendak menjajaki ke sejumlah pemimpin daerah -terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dan Palembang- untuk melobi pengadaan bus listrik usai pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018.

Dengan proyek ini, konglomerasi bisnis Abu Rizal Bakrie itu seakan hendak menunjukkan bahwa kondisi fundamental perusahaan masih dalam keadaan bagus. Sejumlah analis melihat hal itu terkait dengan aksi BNBR yang menaikan harga sahamnya dan mengurangi jumlah saham yang beredar atau reverse stoksplit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...