Saham eks-Bank Century, Bank J Trust, Dibundel dengan Rasio 1 Juta : 1

Image title
28 Juni 2018, 21:28
Pasar saham
Arief Kamaludin | Katadata

Pemegang saham PT Bank Jtrust Indonesia Tbk (J Trust) menyetujui rencana penggabungan nilai nominal saham (reverse stock) dengan rasio 1 juta saham menjadi 1 saham, baik seri A maupun Seri B. Bank yang pernah diselamatkan pemerintah tahun 2008 dan semula bernama Bank Century ini, juga akan melakukan penerbitan saham baru.

“Saham seri A yang semula bernilai nominal Rp 0,01 menjadi Rp 1.000 per saham, sedangkan seri B yang semula bernilai Rp 78 menjadi Rp 7.800.000,” seperti dikutip dari keterangan resmi hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan di Jakarta pada Kamis (28/6).

Setelah aksi korporasi ini, pemegang saham yang memiliki kurang dari 1 juta saham akan menyusut menjadi kurang dari satu. J Trust Co.,Ltd akan membeli saham dari pemegang saham yang kurang dari satu. Saham ini akan dibeli dengan harga pasar wajar yang telah dinilai oleh Kantor Jasa Penilaian (KJPP) selaku pihak independen, yakni sebesar Rp 0,0045 per saham baik saham Seri A maupun saham Seri B.

Selain itu, emiten bank berkode saham BCIC ini berencana melakukan penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau right issue. Rencananya perseroan akan menerbitkan 100 triliun saham Seri A dengan nominal Rp 0,01 per saham.

“Sehingga jumlah saham yang diterbitkan menjadi 1 miliar saham Seri A dengan nominal Rp 1.000 atau 9,99% dari jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh,” kata J Trust.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...