Semester I-2018, Penyaluran KUR Bank Mandiri Sudah 60%

Image title
9 Juli 2018, 18:06
bank mandiri
Arief Kamaludin|KATADATA

Bank Mandiri menyatakan telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 8,72 triliun dalam enam bulan pertama tahun ini. Realisasi ini telah memenuhi 60% dari target penyaluran KUR perusahaan tahun ini sebesar Rp 14,5 triliun.

Pejabat Eksekutif Bidang Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Alexandra Askandar mengatakan realisasi penyaluran kredit pada semester I-2018 tumbuh 15% dari periode yang sama tahun lalu. "Pertengahan tahun, itu biasanya di bawah 50% dari target," ujarnya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta pada Senin (9/7).

Dia menjelaskan capaian ini dipengaruhi oleh inovasi produk dan relaksasi aturan yang dilakukan Bank Mandiri. Relaksasi yang dimaksud oleh Alexandra, seperti penghapusan batas usia penerima kredit di sektor pertanian. Biasanya Bank Mandiri memberlakukan ketentuan batas usia penerima kredit tidak boleh lebih dari 60 tahun.

"Sepanjang calon petani itu benar-benar masih sehat, masih bisa melakukan produksi monitoring sawahnya dan lain-lainnya, masih bisa menerima KUR," kata Alexandra. (Baca: Kredit Rakyat Tingkatkan Produktivitas Petani)

Adapun penyaluran untuk sektor pertanian pada semester pertama 2018, mengambil porsi 19% dari total KUR. Alexandra mengatakan kesulitan perbankan dalam menyalurkn KUR sektor ini yaitu validasi ulang data petani dan calon debitur.

Bank Mandiri pun menyambut baik langkah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang membuat program Kewirausahaan Pertanian dan Digitalisasi Pertanian. Salah satu realisasi dari program digitalisasi pertanian ini, merupakan sistem terintegrasi melalui aplikasi digital pertanian yang disebut Logistik Tani (Logtan).

Sistem Logtan dapat memberikan data lengkap dari petani, jumlah lahan, aktivitas produksinya, dan data lainnya yang dibutuhkan perbankan. "Dengan adanya Logtan itu, data petani dan lahannya jadi jelas. Dengan begitu bisa kami kejar realisasi KUR-nya. Karena kita tidak perlu lakukan validasi sendiri, semua tinggal tarik dari sistem," kata Alexandra.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...