Tak Sebut Anies, Demokrat Bakal Usung Jokowi atau Prabowo di 2019

Dimas Jarot Bayu
9 Juli 2018, 20:24
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Ketua Umum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat sambutan Rapat Kerja Nasional.

Hasil pertemuan pertama Majelis Tinggi Partai Demokrat, mempertimbangkan opsi pengusungan calon presiden terhadap petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Max Sopacua mengatakan pihaknya belum mempertimbangkan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres dalam Pilpres 2019.

"Kami tidak bicarakan nama Anies. Belum," kata Max usai pertemuan di kediaman Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jalan Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan, Senin (9/7).

Meski membuka dua opsi, Max mengatakan belum ada keputusan dari pertemuan Majelis Tinggi Demokrat. Masih ada beberapa hal yang perlu dibicarakan sebelum mengambil keputusan mengusung capres.

(Baca juga: Menanti Kejutan Capres-Cawapres Jelang Pendaftaran Pilpres)

Selain itu, belum ada kejelasan siapa saja capres-cawapres yang maju bertarung dalam Pilpres 2019. Alhasil, Demokrat masih mengkaji konstelasi politik saat ini. "Siapa yang bisa meramalkan bahwa dengan siapa akan berpasangan, belum ada," kata Max.

Terhadap rencana mengusung Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres, Max mengatakan hal tersebut memang merupakan obsesi partainya. Hanya saja, dia tak bisa memastikan obsesi tersebut bakal tercapai dalam Pilpres tahun ini.

Menurut Max, Demokrat akan melihat situasi dan kondisi yang berkembang, baik dalam politik maupun di masyarakat. Peluang mengusung AHY sebagai cawapres tersebut juga akan dibicarakan kepada partai koalisi lainnya.

"Tuhan mengizinkan tidak? Masak orang tampil untuk kalah, kan tidak mau," kata Max.

(Baca juga: Golkar Klaim Tak Terlibat Usulan Cawapres Jokowi dari Megawati)

PKS tak sepakat duet Prabowo-AHY

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...