PDIP Sebut PKB Penentu Kemenangan Kubu Jokowi di Pilpres 2019

Dimas Jarot Bayu
14 Juli 2018, 08:00
Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memimpin acara Parlemen Santri angkatan IV di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/4).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menilai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memiliki peranan penting dalam kemenangan petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pemilihan presiden 2019. PDIP berhitung, bila Pilpres 2019 diikuti oleh dua kubu, keikutsertaan PKB akan menyumbang kemenangan mencapai 62,6%.

"Angka ini, dengan catatan PKB akhirnya masuk koalisi pendukung Jokowi," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di kantornya, Jakarta, Jumat (13/7).

Hingga saat ini, PKB belum mendeklarasikan dukungannya secara penuh kepada Jokowi. PKB masih mensyaratkan dukungannya bila Ketua Umumnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai cawapres Jokowi. "Kami juga menghormati karena sampai sekarang PKB belum mengambil keputusan," kata Hasto.

(Baca juga: Cak Imin Disebut Tak Masuk Daftar Cawapres Jokowi, Apa Langkah PKB?)

Untuk memastikan jumlah koalisi, Hasto mengatakan akan ada pertemuan dengan para Sekretaris Jenderal partai-partai pendukung Jokowi pekan depan. Dalam pertemuan itu akan dibahas berbagai kesepakatan mendasar dalam koalisi pendukung Jokowi.

"Untuk kami bawa ke Ketua Umum masing-masing," kata Hasto.

Hasto pun menilai kepastian koalisi pendukung Jokowi harus memiliki tenggat waktu. Menurutnya hal tersebut diperlukan agar pembahasan dalam koalisi dapat berlanjut untuk merancang tata pemerintahan ke depan. "Kebijakan politiknya, ekonominya, kebudayaan, luar negeri bisa dirancang bersama-sama," kata Hasto.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...