Enam Menteri di Kabinet Kerja Jokowi Daftar Caleg DPR

Dimas Jarot Bayu
18 Juli 2018, 07:12
Kabinet
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Presiden Joko Widodo memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, 4 Januari 2017.

Sebanyak enam menteri yang bergabung dalam Kabinet Kerja bentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendaftarkan diri sebagai calon legislatif dalam Pemilu 2019. Selain dua menteri dari PDIP, empat menteri lainnya berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding mengatakan, ada tiga menteri dari partainya yang akan maju sebagai caleg. Mereka yakni Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Advertisement

Hanif akan mencalonkan diri dari dapil Jawa Barat VI. Imam akan menjadi caleg dari dapil DKI Jakarta I. Sementara, Eko akan mencalonkan diri dari dapil Bengkulu.

"Ada tiga menteri yang akan mencalonkan diri dan dicalonkan oleh partai," kata Karding di Kantor KPU, Jakarta, Selasa malam (17/7).

(Baca juga: Menteri Puan dan Yasonna Laoly Kembali Daftar Caleg DPR Lewat PDIP)

Ada pun, PAN mengusung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur sebagai caleg. Rencananya, Asman bakal mencalonkan diri dari dapil Kepulauan Riau.

Dapil tersebut yang meloloskan Asman ke parlemen tiga periode berturut-turut sejak 2004 hingga 2014. "Bang Asman adalah salah satu kader terbaik kami," kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto.

Sebelumnya, PDIP mencalonkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly sebagai anggota legislatif pada Pileg 2019. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Puan dan Yasonna masing-masing bakal dicalonkan dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah dan Sumatera Utara.

Menurut Hasto, Puan dan Yasonna tak akan mundur dari jabatannya meski akan bertanding dalam Pileg 2019. Puan dan Yasonna pun dipastikan akan mengajukan cuti ketika kampanye Pileg 2019.

(Baca juga: Johan Budi Masuk Daftar Caleg DPR dari PDIP untuk Dapil Jawa Timur)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement