Pemerintah Susun Peta Jalan Ekonomi Syariah Indonesia

Image title
25 Juli 2018, 15:37
Bambang Bappenas
Arief Kamaludin | Katadata
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro

Pemerintah bersama Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) tengah menyusun rancangan peta jalan (road map) ekonomi syariah Indonesia. Road map ini tidak hanya soal keuangan syariah, industri halal juga akan dirancang.

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Perencanan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menilai saat ini industri halal Indonesia masih belum berkembang. Padahal, Indonesia merupakan pasar yang besar, dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

Advertisement

“Kami semakin percaya bahwa industri keuangan syariah hanya bisa berkembang kalau industri halalnya berkembang,” kata Bambang di kantornya, Jakarta, Rabu (25/7). (Baca: Tantangan Keuangan Syariah, Tak Ada Bank Syariah Skala Besar)

Dalam road map tersebut berencana membuat beberapa segmen industri syariah, diantaranya segmen barang ekspor, pariwisata, termasuk industri keuangan syariah. Bambang merasa prihatin dengan kondisi ekspor industri halal.

Selama ini ekspor Indonesia masih didominasi produk berbasis minyak kelapa sawit alias Crude Palm Oil (CPO). Sementara untuk produk industri yang terkait gaya hidup Islami, Indonesia lebih banyak menjadi pasar, bukan sebagai produsen.

“Kosmetik makin banyak dari Korea dan Jepang yang masuk ke segmen halal. Ini kalau tidak bisa disiapkan pesaing dari dalam (negeri), posisi kita semakin kuat menjadi net consumer (pembeli),” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement